Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Update: Jendela Usaha

Boneka Barbie

Jenis-jenis usaha yang digeluti para pengusaha sudah banyak berkembang hingga saat ini. Jendela usaha yang mereka rintis umumnya dituangkan dalam ide-ide baru. Umumnya mereka yang sukses memang berawal dari jendela usaha yang unik, baru, dan membuat konsumen tertarik untuk membelinya.

Bagi Anda yang mungkin masih bingung dengan jendela usaha baru yang akan dibuat, serta mempunyai prospek bagus untuk diproduksi dalam jangka waktu lama. Anda dapat menyimak artikel berikut ini yang akan membahas jendela usaha boneka barbie yang berpakaian Muslimah.

Jendela Usaha – Karakteristik Boneka Barbie

Boneka adalah permainan yang sudah lama ada dan sangat popular khususnya untuk kalangan wanita di seluruh dunia. Anak-anak perempuan juga sudah pasti akan menyukai mainan yang satu ini. Dilihat dari bentuknya yang lucu dan beragam siapapun pasti akan suka dengan boneka.

Selain dapat dipajang, boneka juga dianggap dapat merangsang otak anak untuk mengembangkan imajinasi mereka serta melatih anak supaya dapat berinteraksi dengan orang lain. Hal tersebut dapat terlihat dari cara anak-anak bermain boneka.

Kadang anak-anak menjadikan boneka sebagai teman untuk bermain ataupun lawan berbicara. Dari zaman ke zaman boneka selalu berkembang sesuai dengan kondisi dan budaya masing-masing negara. Misalnya, boneka barbie yang berasal dari Amerika. Boneka tersebut tentu saja akan memakai pakaian yang sesuai dengan kebudayaan negara  mereka.

Namun, jika boneka barbie sampai ke Indonesia belum tentu cara berpakaian mereka cocok dengan budaya bangsa kita. Seperti boneka Barbie yang sedang mengenakan baju model bikini ala pakaian renang.  Di negara asalnya memang tampak wajar karena budaya mereka yang sudah biasa memakai pakaian seperti itu.

Tetapi belum tentu cocok dengan selera konsumen masyarakat di Indonesia. Dilihat dari masyarakat yang mayoritas memeluk agama Islam rasanya tidak akan mungkin suka dengan pakaian barbie yang terlalu membuka aurat. Konsumen di Indonesia pasti akan lebih suka dengan pakaian boneka yang menutup aurat.

Oleh sebab itu, terbuka peluang jendela usaha dalam pembuatan boneka Barbie dengan pakaian yang modelnya disesuaikan dengan adat dan budaya konsumen Indonesia. Khususnya untuk mayoritas yang beragama Islam, yakni boneka barbie yang akan dibuat khusus dirancang seperti baju muslim.

Jendela Usaha - Pakaian Barbie Muslimah

Pakaian Barbie Muslimah
credit:[email protected]_craft

Model pakaian Barbie yang bernuansa muslimah dapat disesuaikan dengan motif, seperti kain batik, songket, atau lainnya. Untuk desainnya, Anda bisa meniru dari majalah fashion muslimah. Dari situlah kita dapat menemukan model-model pakaian Muslimah yang sedang tren.

Kita harus memperhatikan hal itu sebab konsumen biasanya cenderung mengikuti model yang sedang tren. Bagi Anda yang hobi mendesain pakaian, Anda dapat menggambarnya sendiri sesuai dengan pesanan pelanggan. Pelanggan pun nantinya pasti akan lebih puas karena hasilnya sesuai dengan keinginan mereka.

Umumnya pakaian muslim tak lepas dari penutup kepala atau yang biasa disebut jilbab. Saat ini, model jilbab sudah amat beragam dan mengikuti tren mode. Mulai dari jilbab yang panjang sampai jilbab yang pas dengan ukuran kepala dapat kita temukan.

Hiasan pada jilbab juga memiliki banyak varian, misalnya jilbab dihiasi dengan payet, mote, renda, dan masih banyak lagi. Tentunya pada pakaian barbie muslimah juga dapat mengikuti model jilbab yang menarik tersebut.

Pada bagian pakaian yang akan digunakan boneka barbie, hendaknya Anda membuat yang dapat menutupi aurat tanpa meninggalkan kesan cantik dari boneka barbie. Pilih model pakaian yang berlengan panjang serta dapat dikombinasikan dengan hiasan-hiasan seperti pita, mote, dan lain-lain.

Tambahan aplikasi tersebut tentunya akan menambah kesan cantik pada boneka barbie. Dalam segi warna, sebaiknya Anda dapat menyesuaikan dengan selera konsumen khususnya anak-anak. Warna kesukaan anak-anak biasanya tak jauh-jauh dari warna yang cerah dan menyala, misalnya warna pink, kuning, orange, merah, dan hijau.

Setelah ketentuan-ketentuan dalam pakaian barbie Muslimah dapat terpenuhi, baru Anda dapat membuat model pakaian barbie yang diinginkan. Jika pakaian barbie tersebut telah selesai dibuat, tak ada salahnya Anda bertanya kepada salah seorang anak perempuan mengenai ketertarikan dengan mode pakaian barbie yang telah dibuat.

Jika anak perempuan tersebut tertarik, maka kemungkinan besar produk tersebut dapat laris jika sudah dipasarkan. Selera anak belum tentu sama dengan selera orang dewasa. Menurut orang dewasa mungkin bagus, tapi belum tentu bagus di mata anak-anak. Untuk itu, sebaiknya kita membedakan mode pakaian barbie untuk anak-anak maupun dewasa.

Jendela Usaha - Strategi Penjualan dan Prospek Usaha

Anda juga dapat menjual baju barbie secara terpisah karena rata-rata anak perempuan banyak yang sudah memiliki boneka barbie. Mereka biasanya akan merasa bosan dengan pakaian yang dikenakan boneka barbie. Serta ingin selalu mengikuti tren pakaian yang sedang marak.

Terkadang pakaian barbie juga meniru gaya berpakaian para artis yang sedang populer. Jadi, kebanyakan dari mereka juga ingin mengganti pakaian barbienya dengan yang baru. Untuk mengikuti pasaran pakaian boneka barbie muslimah, biasanya ada juga yang berminat membeli mukena barbie.

Sebaiknya, jika Anda ingin menjual mukena barbie akan lebih bagus bila dilengkapi dengan sajadah. Dengan begitu, akan lebih terlihat menarik jika semuanya lengkap tersedia. 

Umumnya harga baju barbie bernuansa Muslimah sekitar Rp 20.000 hingga Rp 30.000. Boneka barbie yang lengkap dengan busana Muslimah biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 80.000 per buah.

Harga tersebut dapat ditentukan dari jenis dan model pakaian barbie. Jika jenis bahan pakaian barbie menggunakan bahan yang bagus tentunya harganya pun akan menjadi lebih mahal. Begitu pula dengan desain model pakaian barbie Muslimah. Semakin sulit tingkat pembuatannya, maka semakin tinggi harganya.

Dalam proses pemasaran boneka barbie Muslimah, Anda dapat memasarkannya baik melalui pameran, bazaar, toko, atau pun menjadi supplier. Cara penjualan lain yang kini juga sedang marak, yakni toko online.

Anda dapat membuat website khusus sebagai media untuk menawarkan produk boneka barbie muslimah buatan Anda. Berjualan secara online memiliki kelebihan khusus. Jangkauan pemasarannya sangat luas bahkan hingga ke seluruh dunia.

Sungguh sangat menguntungkan apabila produk yang kita pasarkan mendapat banyak pesanan dari luar negeri. Harganya pun akan menjadi lebih tinggi bila dibandingkan dengan penjualan di sini. Prospek bisnis usaha boneka barbie Muslimah sangat baik dan luas.

Tak hanya di Indonesia, jendela usaha ini juga memiliki peluang untuk dipasarkan di negara-negara yang lain. Misalnya negara-negara muslim lainnya, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, dan negara bagian Timur Tengah. Permintaan pasar pun akan mengalami peningkatan ketika menjelang hari raya Idul Fitri.

Biasanya konsumen memberikannya sebagai hadiah kepada anak maupun kerabat mereka. Untuk menghadapi lonjakan permintaan, Anda harus siap menyediakan stok yang cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Jendela Usaha – Proses Pembuatan dan Bahan Baku

pakaian-boneka-barbie

Bahan baku yang utama untuk membuat boneka barbie Muslimah, yaitu boneka barbie yang masih polos tanpa mengenakan pakaian. Untuk bahan pakaian, Anda bisa membeli kain yang dijual di toko kain. 

Biasanya kain-kain tersebut dijual dengan harga mengikuti ukuran kain. Apabila tidak ingin terlalu banyak biaya modal yang dikeluarkan, Anda juga dapat memakai kain perca yang masih bagus dari sisa pabrik garmen atau konveksi.

Pada bagian aksesoris, Anda dapat membelinya di toko yang menjual pernak - pernik cantik boneka barbie. Untuk tambahan aplikasi lainnya, seperti mote, pita, renda dapat Anda beli di toko peralatan jahit. Proses pembuatan baju boneka dapat ditempuh dengan berbagai cara. 

Cara-cara untuk membuat pakaian barbie adalah sebagai berikut :

  • Pilihan pertama adalah menjahit sendiri pakaian barbie tersebut. Dengan begitu, Anda membutuhkan peralatan mesin jahit dan tenaga penjahit.
  • Pilihan kedua, yaitu Anda cukup memberi perintah saja kepada para penjahit yang sudah menyiapkan semua peralatan yang diperlukan.
  • Pilihan ketiga, Anda dapat langsung membeli pakaian barbie yang sudah jadi dari penjahit. Dengan begitu, Anda hanya tinggal membayar dengan ketentuan harga yang telah disepakati bersama. 

Hal yang perlu diperhatikan bila Anda memilih penjahit, pilihlah orang yang pandai menjahit baju boneka barbie. Tidak semua penjahit bisa menjahit baju dengan ukuran kecil. Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran dan ketelitian saat menjahit.

Semoga artikel yang membahas jendela usaha boneka barbie ini dapat berguna untuk Anda. Terutama yang ingin membuka jendela usaha yang menarik konsumen anak-anak.

Posting Komentar untuk " Bisnis Update: Jendela Usaha"