Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jurnal Ekonomi dan Bisnis: Inovasi Terarah

inovasi

Pembuatan jenis barang atau produk baru secara terus-menerus dilakukan oleh berbagai sektor usaha dan bisnis. 

Bagi perusahaan baru terkadang persaingan dalam hal inovasi ini sering terbentur pada masalah dana untuk pengembangan produk.

Apalagi kalau inovasi yang dilakukan asal-asalan dan tanpa adanya pertimbangan yang matang. 

Artikel kali ini akan akan membahas tentang inovasi yang terarah yang terinspirasi oleh Harvard Bussiness School Publishing.

Inovasi Itu Terencana, Bukan Sebuah Kecelakaan

Dean Hering dan Jeffrey Phillips pernah menulis bahwa sebuah perusahaan yang membuat inovasi karena kecelakaan mungkin masih bisa dimaklumi kalau melakukannya satu kali, tetapi kalau sudah melakukannya berkali-kali maka perusahaan itu harus mengubah pola pikirnya kalau masih ingin bertahan di dunia bisnis yang penuh persaingan keras.

Bagaimanakah cara membuat inovasi itu lebih terarah dan terorganisir dengan baik sehingga menghasilkan produk yang benar-benar tidak hanya menguntungkan secara ekonomi, tapi juga bermanfaat bagi kehidupan manusia dan lingkungannya? 

Langkah-langkah yang bisa diambil, antara lain adalah:

Sebuah inovasi yang sukses bukan didapatkan dari banyaknya ide inovasi, tapi karena ide-ide yang lebih baik yang didapatkan dengan cara menganalisa produk-produk yang sudah ada dan mempelajari kelemahannya sehingga bisa membuat kelebihan yang belum dimiliki oleh barang tersebut. 

Bukannya Anda kemudian menghalangi para karyawan untuk melancarkan ide kreatif mereka. Tetapi ide mereka hendaknya sudah melalui proses yang jelas sehingga ide tersebut lebih mudah diterima.

Bila beberapa ide sudah didapatkan, buatlah sebuah presentasi terbatas untuk memutuskan apakah ide tersebut dapat dieksekusi atau tidak. 

Pendapat dari orang lain itu harus diendapkan paling tidak selama 2 hari. Siapa tahu masih ada satu dua hal lain yang harus diubah.

Buatlah sebuah prototipe dari ide tersebut sehingga semua orang dapat melihatnya dalam ukuran 3D. 

Bila sudah mempunyai prototipenya, maka kemudian tinggal menguji cobanya. Kalau uji coba berhasil dengan hasil maksimal, itu artinya produk bisa diproduksi secara massal. 

Jangan lupa jual lah dengan harga yang pantas sehingga konsumen tidak lari dari membeli produk perusahaan.

Jangan lupa memberikan penghargaan kepada pegawai yang telah memberikan kontribusi berupa reward atau ucapan selamat. 

Bentuk ungkapan saja tidak cukup apalagi kalau hanya selembar kertas. Mungkin perlu dipikirkan sebuah reward dalam bentuk uang tunai atau lainnya.

Pengertian Inovasi

Inovasi adalah sebuah hal yang memungkinkan orang untuk menghasilkan sesuatu yang cukup membuat orang tercengang. Inovasi kini sudah menjadi andalan. 

Maksudnya, tidak ada inovasi, maka matilah perusahaan tersebut. Para pembuat inovasi adalah orang-orang kreatif dengan ide yang tak terbatas dan tidak ada yang mampu menghalangi pikirannya untuk melakukan sesuatu perubahan.

Tak ada kata lelah dan mengantuk kalau sudah berada di dunianya sendiri. Perusahaan harus berpikir ulang manakala persaingan produk yang serupa telah membuat perusahaan harus melakukan penurunan harga. 

Inovasi ini tidak hanya dilakukan di bidang produksi, tetapi juga di bidang lain seperti manajemen, keamanan, housekeeping, dan sebagainya. 

Sedikit saja ada perubahan di sana, maka semua pekerja akan memberikan komentar. 

Tetapi itu adalah hal yang biasa, dan tidak menjadi penyebab berhentinya inovasi. 

Ingat, inovasi yang terarah akan membuat Anda berada selangkah di depan kompetitor bisnis Anda.

Post a Comment for " Jurnal Ekonomi dan Bisnis: Inovasi Terarah"