Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Manajemen Usaha

Manajemen Usaha

Orang tua dahulu sering mengatakan jika ingin kaya maka jadilah pengusaha. Di kalangan umat Islam, hal ini kemudian didukung dengan adanya perkataan Rasul Muhammad yang mengabarkan kalau sembilan dari sepuluh pintu rezeki dibuka lewat jalur perniagaan atau bisnis.

Namun, berbisnis tak cukup hanya bermodal untung-untungan dan nekat saja. Lebih dari itu sifat profesionalisme dalam bekerja dan pantang menyerah haruslah menjadi pegangan yang tertanam kokoh pada jiwa-jiwa enterpreuner. 

Ada pola manajemen usaha yang harus dipelajari, dipraktikkan, lalu terus menerus dievaluasi. Hal ini tentu perlu diketahui, bagi Anda yang baru hendak mengawali langkah dalam dunia bisnis.   

Beraksi

Ada banyak ungkapan mengenai sukses dalam dunia bisnis. Semuanya menawarkan bunga-bunga indah yang ingin sekali segera diraih. Hanya saja itu akan menjadi semacam mimpi saja jika semua itu hanya menjadi angan-angan saja tanpa berkehendak melakukannya.

Intinya seseorang yang sukses adalah sudah melakukannya, tidak semata berangan-angan dan berkhayal. Beraksi. Itulah hal wajib bagi para pengusaha. 

Jika sudah melakukan, meski salah, paling tidak kita tahu di mana letak kesalahannya, dari sinilah kemudian sesuai bahwa para pengusaha itu disebut-sebut sebagai manusia pembelajar. Belajar dari pengalaman. Belajar dari kehidupan.

Langkah Sukses

Jika kembali mengingat apa yang dikatakan pakar bisnis William A. Ward, maka disebutkan paling sedikit ada empat hal atau langkah-langkah yang harus ditempuh bagi calon pengusaha dalam  mencapai puncak sukses.

Ward memulainya dari perencanaan yang tepat, persiapan nan matang, pelaksanaan yang baik, dan yang terakhir adalah pantang menyerah. Inilah yang menjadi falsafah inti bagi Ward dalam mengejar kesuksesan. Tinggal kemudian dimenej dengan baik, sabar, dan sekali lagi pantang menyerah.

Langkah Aksi

Berangkat dari falsafah Ward, maka dapat diperincikan hal-hal yang perlu dimenej dalam membuka usaha. Berikut rincian apa saja yang harus dilakukan sosok pengusaha dalam memenej bisnisnya:

•  Perkembangan Zaman

Menambah wawasan bagi seorang pengusaha itu sangat penting. Salah satu caranya adalah bergabung dengan kumpulan orang yang ada kaitannya dengan usaha Anda. 

Era internet tentu akan membantu Anda. Tak ada salahnya Anda bergabung dengan pelatihan dari perusahaan yang bergerak di bidang internet marketing. 

•  Rencana Keuangan

Menjadi seorang pengusaha tak boleh lagi sembarangan menggunakan uang. Keluar masuknya uang harus dicatat dengan teliti setiap hari. Siapkan juga target jangka pendek dan tentunya jangka panjang.

•  Dewan Penasehat

Dewan penasehat atau tenaga ahli penting. Gunanya untuk memberi masukan ide, saran atau kritik membangun terhadap usaha Anda. Tak harus membayar mahal, karena dewan ini bisa berasal dari teman, rekan, atau anggota keluarga yang sudah sangat dipercaya. Bahkan bisa dengan mengikuti acara-cara wirausaha di televisi.

•  Keseimbangan

Ini adalah keseimbangan usaha dan keluarga. Jangan sampai terjadi, usaha Anda sukses tetapi keharmonisan keluarga jadi bangkrut alias hancur. Mengalir saja, namun termenej dengan baik.

•  Perluas Jaringan

Perbanyak kenalan. Baik di dunia nyata atau dunia maya. Ini yang dinamakan dengan istilah pemanfaat jaringan atau networking. Seorang pengusaha harus mampu mengatasi masalah sendiri semacam gagap teknologi, karena semakin Anda melek teknologi maka semakin banyak peluang yang ada.

Dan masih banyak lagi. Selain disiplin, waspada, cinta pekerjaan, yang tak kalah penting adalah pantang menyerah. Nah, selamat menjadi pengusaha masa depan.

Post a Comment for " Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Manajemen Usaha"