Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Perbedaan Antara E-Commerce Dan Marketplace? Yuk, Pelajari Disini

Apakah Perbedaan Antara E-Commerce Dan Marketplace? Yuk, Pelajari Disini

Di tengah pesatnya pertumbuhan dan perkembangan perusahaan dagang seperti sekarang ini, ternyata masih banyak masyarakat yang belum memahami perbedaan antara e-commerce dan marketplace. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Tidak mungkin menemukan lebih dari satu toko online di lingkungan e-commerce karena hanya dimiliki oleh satu penjual. Pada kenyataannya, Anda harus memahami perbedaan antara e-commerce dan pasar untuk menjadi pelaku bisnis online yang sukses.

Ini terkait erat dengan menentukan kinerja konversi penjualan, karena lokasi yang berbeda menggunakan teknik distribusi intensif yang berbeda.

Belajar tentang E-Commerce

Istilah e-commerce sering digunakan untuk menyebut pasar. E-commerce dan pasar, di sisi lain, jelas berbeda.

Pasalnya, e-commerce artinya hanya dimiliki oleh satu penjual sehingga sulit untuk menemukan lebih dari satu toko online di dalamnya.

Semua transaksi, termasuk pembayaran, memanfaatkan fitur di situs web bisnis. Saat berbelanja di sini, biasanya Anda akan diminta menggunakan payment gateway atau shopping cart.

Jika Anda ingin masuk ke perdagangan internasional, ini bukan masalah.

Dengan kata lain, e-commerce adalah pemasaran produk oleh pemilik situs web. Meskipun demikian, konten penjualan tidak terbatas pada satu merek, tetapi dapat mencakup beberapa merek sekaligus. Namun, hanya ada satu penjual.

Mengenal Marketplace 

Marketplace adalah situs web pihak ketiga yang berfungsi sebagai penghubung antara pelaku bisnis online dan pelanggan. Singkatnya, ini mirip dengan department store, tetapi di internet.

Di tempat yang sama, terdapat beberapa produk dengan berbagai penawaran khusus yang saling bersaing.

Marketplace didirikan pada tahun 1995 dengan tujuan membuat transaksi lebih efisien dan praktis. Hingga saat ini, perusahaan pengembangan pasar telah meningkat selama lebih dari dua dekade. Iklannya juga mudah ditemukan di internet.

Modal untuk menjual adalah perbedaan antara pasar dan department store. Jika Anda berdagang di pasar, Anda tidak perlu membayar sewa.

Ini nantinya akan menjadi salah satu ciri khas e-commerce terhadap pasar. Biasanya, startup marketplace menghasilkan uang dengan menjual layanan iklan premium.

Menyewa iklan mungkin dianggap sebagai kewajiban jika Anda ingin sukses menjual di pasar dan menghindari produk Anda tenggelam oleh persaingan yang ketat.

Indikator Perbedaan antara E-commerce dan Marketplace

Jadi, untuk membantu Anda memahami perbedaan di antara keduanya, kami akan membahasnya secara lebih rinci sekarang. Apakah Anda memiliki pertanyaan? Ayo, baca sedikit lagi.

Tingkat Kesulitan Membuatnya 

Perbedaan pertama antara marketplace dan situs e-commerce adalah tingkat kesulitan dalam membuatnya. Menguasai aspek teknis seperti optimasi dan pemeliharaan website diperlukan untuk membangun e-commerce.

Kemampuan pemasaran digital yang mendalam, seperti SEO on-page, diperlukan untuk mengaktifkan pengoperasian situs web yang responsif dan memudahkan pengguna.

Yang harus Anda lakukan untuk mulai berjualan di marketplace adalah mendaftar, mendirikan toko, dan memasukkan produk. Saat membandingkan e-commerce dengan marketplace, terlihat bahwa marketplace lebih user-friendly.

Dari sudut pandang konversi biaya,

Biaya adalah sinyal penting dalam perbedaan antara pasar dan e-niaga, seperti yang Anda ketahui. Kecuali jika Anda ingin menggunakan alat premium pasar, Anda dapat mendaftar secara gratis.

Situasi serupa tidak terjadi di e-commerce, di mana Anda harus menginvestasikan sejumlah uang tertentu untuk membangun situs web, mendapatkan domain dan hosting, dan memenuhi berbagai persyaratan teknis lainnya.

Teknik Promosi

Dalam e-commerce, Anda harus mempromosikan diri sendiri agar website perusahaan Anda dikenal. Saat berpromosi di pasar, fitur layanan iklan premium digunakan.

E-commerce dan pasar, di sisi lain, memiliki manfaat tersendiri. Keinginan untuk mendatangkan pengunjung, mengumpulkan lead, dan masih banyak lagi menjadi masalah menjadi pelaku usaha di e-commerce.

Meskipun pasar bukanlah tempat di mana Anda akan dibombardir dengan masalah teknis, itu tidak berarti itu akan sederhana.

Itu adalah ikhtisar singkat tentang perbedaan antara e-commerce dan pasar; Anda mungkin sudah tahu apa itu. Sangat penting bagi Anda untuk memperkuat sistem pembukuan bisnis Anda dengan perangkat lunak yang benar agar pasar dan perusahaan e-niaga Anda berjalan secara efektif.

Post a Comment for " Apakah Perbedaan Antara E-Commerce Dan Marketplace? Yuk, Pelajari Disini"