Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Penganggaran dan Mengapa Itu Penting?

Apa Itu Penganggaran dan Mengapa Itu Penting?

Penganggaran sangat penting karena merupakan teknik bagi perusahaan untuk mencapai tujuan dan sasaran yang ditentukan dengan memanfaatkan sumber dayanya dengan benar.

Ini adalah pemeriksaan keuangan dari periode waktu tertentu, biasanya satu tahun, yang membantu dalam menentukan apakah perusahaan memiliki sumber daya keuangan untuk mencapai tujuan apa pun yang telah ditetapkan untuk dirinya sendiri. Manajemen sering menggunakan penganggaran yang diperkirakan dan direncanakan dengan tepat sebagai alat internal dalam bisnis.

Penganggaran adalah rencana penting yang meningkatkan evaluasi kinerja, membantu dalam pengendalian pendapatan dan pengeluaran, memungkinkan penghematan pengeluaran yang tidak terduga atau diproyeksikan, mendorong akuntabilitas manajerial, dan membuat pendapatan dan sumber daya modal menguntungkan.

Bagaimanapun, ini adalah alat untuk mengelola uang dalam batasan keuangan Anda. Penganggaran memastikan bahwa Anda memiliki cukup uang untuk hal-hal penting dan membuat Anda terhindar dari hutang dengan memungkinkan Anda membuat rencana sebelumnya.

Penganggaran adalah platform keuangan yang mendukung perencanaan masa depan dan sering disebut sebagai peta jalan menuju keamanan finansial karena memberi Anda alat yang diperlukan untuk pergi ke tujuan tertentu. Penganggaran membutuhkan waktu dan kerja, tetapi manfaatnya sangat besar. Sayangnya, penganggaran tidak datang dengan jaminan apapun. 

Jika Anda yakin bahwa Anda telah menyusun anggaran yang sangat mudah dan semuanya akan baik-baik saja jika Anda terus membelanjakan tanpa meninjau anggaran, itu tidak akan menyelamatkan Anda dari bencana keuangan. 

Penganggaran adalah tindakan tepat yang dirancang untuk membantu Anda mencapai tujuan dan sasaran. Itu bisa menjadi berkah jika diikuti, tetapi jika diabaikan, itu bisa memiliki konsekuensi bencana.

1. Penganggaran membantu Anda tetap di jalur

Penganggaran selalu disukai oleh pengusaha yang peduli dengan kesejahteraan finansial mereka. Prosedur tersebut membantu dalam pendistribusian dana dan pengambilan keputusan yang tepat. Ini juga membantu dalam mengidentifikasi tujuan jangka panjang dan merumuskan rencana untuk mencapainya tanpa menemui hambatan apa pun. Membuat anggaran penting karena memungkinkan Anda untuk tetap fokus pada tujuan Anda.

Ini meletakkan strategi di mana Anda tahu tujuan Anda, pengeluaran Anda, dan di mana dan bagaimana Anda dapat menghemat uang dengan memotong biaya. Ini hanyalah sebuah rencana yang mengarahkan Anda ke jalan yang benar sehingga Anda tahu apa yang Anda tuju dan bagaimana menuju ke sana.

Ya, berpegang teguh pada jadwal akan membutuhkan usaha karena akan ada pengeluaran yang menggoda dan mendorong Anda untuk menghabiskan beberapa dolar, tetapi jika Anda memiliki rencana penganggaran, akan lebih mudah untuk mempertahankan fokus dan terus mengawasi. pada tujuan.

2. Penganggaran mencegah pengeluaran

Menghabiskan uang itu sederhana karena ada begitu banyak barang yang harus dibeli sekaligus sehingga tampaknya selalu diperlukan. Konsumen tidak lagi takut untuk membelanjakan uang untuk barang-barang yang tidak penting dalam kehidupan sehari-hari mereka. Salah satu alasan pengeluaran mereka yang berlebihan adalah fasilitas kartu kredit yang memungkinkan mereka melakukannya.

Orang-orang lebih suka menggunakan kartu kredit secara berlebihan di zaman sekarang ini, bahkan ketika mereka sadar bahwa pengeluaran yang berlebihan akan menyebabkan hutang. 

Sangat penting untuk menentukan apakah seseorang atau organisasi hidup sesuai kemampuan mereka dan dapat membayar hutang mereka tepat waktu. Nilai penganggaran adalah setelah Anda membuatnya, Anda akan memiliki dorongan untuk tetap menggunakannya.

Untuk menjaga keuangan Anda tetap pada jalurnya, rencana tersebut mengingatkan Anda tentang berapa banyak yang Anda hasilkan, berapa banyak yang dapat Anda belanjakan, dan berapa banyak yang harus Anda hemat. Meskipun godaan akan berlimpah di sepanjang jalan, penganggaran akan bertindak sebagai pencegah, mencegah Anda membayar lebih.

3. Bantuan anggaran dalam menghadapi kejadian tak terduga

Hidup tidak selalu penuh dengan bunga mawar, dan tentu saja tidak dapat diprediksi. Benjolan tak terduga dan kejutan tidak menyenangkan pasti akan terjadi di sepanjang jalan, mengganggu keseimbangan Anda. Seseorang dalam keluarga mungkin jatuh sakit, mungkin ada tragedi keluarga seperti kecelakaan atau kematian, atau biaya tak terduga mungkin muncul yang akan membuat Anda lengah.

Adalah fakta bahwa keadaan darurat biasanya terjadi ketika Anda tidak mengharapkannya atau ketika Anda tidak dapat memenuhinya karena kesulitan keuangan. Nilai penganggaran adalah bahwa ia menawarkan opsi untuk dana darurat, di mana Anda harus menabung dalam jumlah kecil secara teratur tetapi, ketika dikumpulkan, dapat menyelamatkan jiwa. Ketika Anda kekurangan dana, uang ekstra ini terasa seperti hadiah dari para dewa.

Tetapkan tujuan keuangan yang realistis untuk memastikan bahwa dunia Anda tidak lepas kendali selama krisis atau keadaan darurat kehidupan. Tujuan kecil lebih mudah dicapai, jadi jangan menetapkan ambisi tinggi yang tidak akan bisa Anda pertahankan setelah beberapa saat.

4. Ini menjelaskan perilaku belanja

Penganggaran memeriksa kebiasaan pengeluaran untuk memastikan bahwa setiap orang mematuhi rencana tersebut. Ini akan mendorong Anda untuk mengevaluasi akun pengeluaran Anda, memungkinkan Anda untuk mengeluarkan dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu di masa depan. Misalnya, banyak bisnis mengembangkan anggaran penjualan untuk melacak pengeluaran guna meningkatkan penjualan.

Penganggaran penting karena memaksa orang yang tertarik untuk kembali fokus pada tujuannya, memungkinkan dia untuk menilai kembali akun pengeluarannya dan menghilangkan pengeluaran yang berlebihan. Ingatlah bahwa strategi penganggaran terutama tentang menciptakan peluang untuk masa depan, bukan tentang membatasi kesenangan Anda.

Ini akan melacak keuangan Anda untuk mencegah masalah keuangan. Rencana tersebut menempatkan Anda sebagai penanggung jawab, memungkinkan Anda untuk memprioritaskan pengeluaran Anda dan menentukan kapan harus berhenti atau tagihan mana yang saat ini tidak terjangkau. 

Penganggaran adalah strategi penjualan yang memungkinkan Anda untuk menyoroti pola pengeluaran Anda, berhenti ketika Anda memahami apa yang Anda lakukan, dan kembali ke flip setelah Anda menyadari apa yang Anda lakukan.

5. Penganggaran memungkinkan Anda untuk lebih fleksibel

Sangat penting untuk membuat proses penganggaran sederhana sehingga Anda tidak menjadi kewalahan. Beberapa bulan pertama memang menantang, tetapi begitu Anda mulai terbiasa, segalanya mulai menjadi lebih mudah. Berikan kelonggaran untuk fleksibilitas daripada kekakuan, karena ini akan memungkinkan Anda untuk bernapas dengan mudah.

Strategi tersebut akan tampak membatasi gerakan Anda dan membuat Anda kesal pada awalnya, membuat Anda merasa cenderung berlebihan di beberapa titik. Pentingnya penganggaran adalah mungkin fleksibel, memungkinkan Anda untuk memindahkan uang antar kategori jika situasinya mengharuskannya.

Ingatlah bahwa dana Anda hanya untuk situasi darurat, dan Anda tidak boleh menyentuhnya atau mencoba mengelola tanpanya. Beradaptasi, di sisi lain, akan membantu Anda melihat masalah, memprioritaskan pengeluaran, dan membuat modifikasi tanpa berlebihan.

6. Membantu dalam pemotongan biaya

Penganggaran membantu dalam perencanaan pengeluaran sehingga seseorang dapat tetap pada rutinitas dan menghindari biaya yang berlebihan. Anda selalu dapat menerapkan strategi dengan anggaran yang ketat. Ini, tanpa diragukan lagi, adalah tujuan utama penganggaran, tetapi kita sering mengabaikan fakta bahwa proses tersebut juga dapat digunakan untuk menghemat uang. Ingat kutipannya.

Uang yang dihemat adalah uang yang diperoleh, dan hal yang sama berlaku dalam hal penganggaran. Penganggaran penting karena memungkinkan orang dan organisasi untuk membelanjakan uang dengan bijaksana untuk menabung untuk masa depan.

Penganggaran adalah proses menciptakan strategi yang akan membantu pengembangan kontribusi investasi. Ya, menabung sebagian dari pendapatan Anda secara teratur akan membutuhkan pengorbanan dalam jangka pendek, tetapi itu akan membangun sarang telur yang akan berguna dalam jangka panjang.

Post a Comment for " Apa Itu Penganggaran dan Mengapa Itu Penting?"