Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi, Contoh, dan Cara Menghitung Permintaan Pasar

permintaan-pasar

Setiap bisnis yang bergerak di bidang manufaktur memiliki kapasitas produksi yang terbatas. Jika menghasilkan terlalu banyak barang, itu akan membuang modal kerja dan menghabiskan banyak uang untuk manajemen persediaan. 

Bisnis apa pun akan lebih memilih untuk mengendalikan biaya dan selalu memenuhi permintaan klien. Akibatnya, menentukan permintaan pasar sangat penting untuk bisnis apa pun.

Definisi Permintaan Pasar (Demand Market)

Kuantitas unit yang diminta oleh jumlah total klien di pasar dikenal sebagai permintaan pasar. Akibatnya, semakin populer suatu perusahaan, semakin besar permintaan pasar untuk produknya dan semakin besar jumlah unit yang diminta oleh pelanggan.

Kita harus membedakan antara permintaan pasar dan potensi pasar. Jumlah total pelanggan potensial di suatu pasar dikenal sebagai potensi pasar. Permintaan pasar, di sisi lain, adalah permintaan aktual untuk suatu produk di pasar.

Misalnya, bahkan dalam cuaca dingin, pasar potensial payung mencakup semua calon klien pasar. Namun, karena tidak ada permintaan barang selama musim dingin, permintaan pasar akan sangat rendah, meskipun pasar potensial. Permintaan pasar hanya akan ada sepanjang musim panas.

Contoh Permintaan Pasar 

Permintaan dapat dilihat dalam tindakan di pusat perbelanjaan atau toko mana pun. Sebuah toko yang menjual 1000 sabun setiap hari memiliki permintaan 1000 sabun. Namun, pada akhir pekan, ketika jumlah konsumen meningkat, permintaan bisa mencapai 1200. 

Ini hanya permintaan satu toko. Karena sabun merupakan produk yang dibutuhkan, maka kebutuhan akan terpenuhi terlepas dari merek sabun yang disediakan. Akibatnya, merek apa pun yang gagal memenuhi permintaan akan kehilangan uang.

Sebagai sebuah bisnis, Anda harus menentukan berapa unit sabun yang Anda hasilkan benar-benar laku di pasaran. Itulah permintaan sabun yang Anda buat di pasaran. Dan, untuk memenuhi target pasar Anda saat ini, Anda harus memenuhi permintaan itu setiap saat (bukan pasar potensial).

Jadi, jika permintaan pasar 1000 unit dan perusahaan Anda melayani 300 unit, permintaan pasar perusahaan Anda adalah 300 unit, sedangkan permintaan prospektif (potensi pasar) adalah 1000 unit.

Perusahaan seperti P&G dan HUL, yang memproduksi SKU dalam jumlah besar, harus terus mengawasi permintaan pasar untuk menghindari produksi yang berlebihan atau kehilangan peluang untuk menjual produk mereka.

KFC telah menghadapi kasus peramalan permintaan pasar yang buruk di Inggris. Permintaan burger KFC begitu besar sehingga 90 persen lokasi KFC di Inggris kehabisan stok. 

Akibatnya, KFC kehilangan peluang yang signifikan karena calon konsumen mungkin telah pergi ke McDonald's atau Burger King sebagai gantinya. Ini menunjukkan pentingnya pengukuran permintaan pasar perusahaan.

Manfaat Perhitungan Permintaan Pasar

Definisi, Contoh, dan Cara Menghitung Permintaan Pasar

1. Harapan Pelanggan

Fakta bahwa konsumen Anda mengharapkan Anda untuk menyimpan barang untuknya adalah salah satu manfaat paling penting dalam menilai permintaan pasar. 

Jika saya ingin membeli sabun merek tertentu tetapi tidak dapat diakses di pasar lokal saya (karena perkiraan permintaan yang salah), saya akan meninggalkan merek tersebut dan mencari yang lain. 

Akibatnya, perusahaan sabun kehilangan klien setia karena produk pesaing. Jika perusahaan sabun telah memprediksi permintaan pasar, sabun akan dibuat dan dikirimkan ke pengecer pada waktunya agar klien dapat membelinya.

2. Hilangnya Peluang Dapat Dihindari

Jika permintaan pasar salah dihitung, ada potensi biaya yang signifikan. Melanjutkan contoh sebelumnya, jika sebuah perusahaan gagal untuk menghitung permintaan pasar dengan benar, ia akan gagal untuk menciptakan jumlah unit yang benar yang dibutuhkan di pasar, yang mengakibatkan hilangnya pendapatan yang signifikan yang dapat diperoleh dari pasar.

3. Penghematan Finansial

Melebih-lebihkan permintaan pasar memiliki sisi negatif juga. Jika kebutuhan pasar adalah seratus unit dan saya memproduksi 200, saya menghabiskan terlalu banyak uang untuk produk yang tidak diperlukan. 

Saya telah menurunkan modal kerja saya sementara juga membayar jumlah yang signifikan untuk penyimpanan produk yang diproduksi berlebihan. Kita dapat menghemat banyak uang jika kita melakukan pengukuran permintaan yang tepat.

4. Fokus seperti laser

Mengukur permintaan pasar juga membantu bisnis dalam fokus pada target pasar mereka. Jika sebuah perusahaan memiliki sepuluh item yang berbeda dan dua atau tiga di antaranya memiliki permintaan pasar yang signifikan, perusahaan dapat mengambil pendekatan yang ditargetkan dan memproduksi dua atau tiga unit ini dalam jumlah besar sambil juga mendorongnya ke pasar.

Apa rumus untuk menghitung permintaan pasar?

Permintaan pasar produk apapun dapat dihitung dengan dua cara, yaitu:

a. Permintaan pasar di tingkat produk

Anda dapat memanfaatkan metode permintaan pasar tingkat produk jika Anda sudah mengetahui pasar geografis yang ingin Anda bidik. Pasar dipecah dalam hal total produk yang ada di pasar dalam permintaan tingkat produk. 

Permintaan pasar setiap produk dinilai dan ditemukan melalui sumber pasar atau riset pasar. Studi ini kemudian memberi kita perkiraan keseluruhan permintaan produk. Tentu, ini juga memberi kami perkiraan potensi pasar.

Misalnya, jika saya ingin memperkenalkan sampo yang benar-benar baru, saya harus mencari tahu apa permintaan pasar dan pangsa pasar untuk semua sampo P&G dan HUL. Saya akan melakukan analisis pasar untuk menentukan total penjualan industri untuk merek-merek ini. Saya juga ingin tahu berapa banyak setiap lini produk yang dijual untuk merek tertentu ini.

Shampo anti ketombe dan kondisioner, misalnya, adalah dua produk dan lini produk yang berbeda di bawah kategori sampo. Untuk benar-benar menentukan permintaan pasar untuk shampo, pertama-tama saya harus menentukan permintaan pasar individu untuk kondisioner dan sampo anti-ketombe untuk menentukan perkiraan bersih dari kemungkinan pasar untuk barang-barang ini.

Jadi, dalam bisnis apa pun, jika Anda ingin mengetahui permintaan pasar untuk produk tertentu, yang harus Anda lakukan adalah melakukan studi riset pasar tentang jumlah unit yang terjual untuk semua merek, dan Anda akan memiliki ide yang bagus tentang permintaan pasar terhadap produk tersebut.

b. Permintaan pasar di tingkat regional

Sebuah perusahaan yang ingin berekspansi ke luar negeri sering menggunakan permintaan pasar tingkat geografis. Korporasi perlu mengetahui permintaan untuk produk tertentu dalam geografi tertentu dalam bentuk estimasi permintaan pasar ini.

Bahkan dengan jenis permintaan geografis ini, korporasi melakukan studi riset pasar untuk menentukan jumlah unit yang terjual di pasar untuk unit atau SKU tertentu. Dalam keadaan seperti itu, perusahaan mungkin sudah beroperasi di pasar sasaran atau akan melakukannya dalam waktu dekat.

Jadi, jika saya berada di industri es krim dan ingin meluncurkan merek es krim baru di pasar baru, saya akan menghitung semua es krim yang ada dan omset pasarnya. Ini adalah bagaimana potensi pasar ditentukan. Dari sana, saya akan mencari tahu es krim mana yang paling mirip dengan es krim saya dari segi rasa dan nilainya. Dan potensi permintaan pasar es krim ditentukan oleh omsetnya.

Di industri semen, di sisi lain, manufaktur mendorong penjualan merek semen. Jika semen merek satu tidak tersedia, banyak pembeli yang akan membeli semen merek lain karena merupakan kebutuhan. 

Akibatnya, potensi pasar untuk produk tersebut hampir sama dengan permintaan pasar terhadap produk tersebut. Perusahaan yang memproduksi paling banyak memenuhi permintaan setiap saat dan, sebagai hasilnya, berkembang paling cepat.

Manfaat Perhitungan Permintaan Pasar 

Menghitung permintaan pasar memungkinkan perusahaan untuk berkonsentrasi pada target pasar mereka. Anda tidak bisa hanya menawarkan hal-hal tanpa sajak atau tujuan di masa yang kompetitif ini. Anda dapat mulai berfokus pada produk tertentu setelah Anda menyadari kebutuhannya.

Jika permintaan pasar untuk pensil adalah 100 unit, dan Anda telah memproduksi 150 unit hingga saat ini, Anda dapat menghemat uang organisasi Anda dengan menghitung permintaan pasar untuk produk tersebut. Anda sekarang harus menurunkan jumlah unit produksi, yang akan menghasilkan pengurangan biaya.

Jika sebuah perusahaan tidak mengetahui apa permintaan asli pasar, ia tidak akan mampu memproduksi jumlah unit yang diperlukan, yang mengakibatkan hilangnya peluang.

Salah satu manfaat paling signifikan dari mengevaluasi permintaan pasar adalah Anda dapat belajar tentang harapan pelanggan yang sebenarnya dan merespons sesuai dengan itu.

Dalam hal ini, Kurva Permintaan Pasar juga dapat digunakan untuk mengukur permintaan pasar.

Di atas merupakan penjelasan lengkap tentang definisi permintaan pasar, manfaat menghitung permintaan pasar, contoh permintaan pasar, dan cara menghitung permintaan pasar. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for " Definisi, Contoh, dan Cara Menghitung Permintaan Pasar"