Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar 20 Pertanyaan dan Jawaban Wawancara Pekerjaan Akuntansi

Daftar 20 Pertanyaan dan Jawaban Wawancara Pekerjaan Akuntansi

Pertanyaan wawancara akuntansi adalah pertanyaan yang seringkali diajukan oleh pemberi kerja, manajer perekrutan, atau pewawancara untuk merekrut seseorang untuk posisi pekerjaan akuntan tingkat pemula, akuntan sewaan, atau posisi jabatan apa pun yang terkait dengan akuntansi.

Tingkat persaingan dalam dunia akuntansi sangat tinggi sehingga proses dan tahapan wawancara semakin berat dan lebih menantang saat ini. 

Dalam dunia akuntansi, majikan mengajukan pertanyaan wawancara akuntansi untuk menilai keterampilan dan pengetahuan calon karyawan.

Tapi pertanyaan seperti apa yang akan ditanyakan dalam proses wawancara yang bisa membuat kandidat merasa stres?

Untuk membantu para kandidat (calon karyawan) ini, berikut adalah daftar dua puluh pertanyaan dan jawaban wawancara pekerjaan akuntansi yang dapat atau harus ditanyakan oleh pemberi kerja untuk merekrut karyawan.

Dalam hal ini, Manajer perekrutan mungkin ingin menguji pengetahuan Anda tentang akuntansi dasar dan akuntansi kompleks dengan berbagai pertanyaan yang akan membuat mereka mengetahui keterampilan keras dan lunak Anda untuk menjadi akuntan yang sukses.

Oleh karena itu, jika Anda melakukan pencarian kerja di bidang akuntansi, Anda harus siap dengan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dan menjelaskannya dengan penuh keyakinan. 

Berikut ini adalah daftarnya:

1. Apa yang Anda pahami dengan istilah Piutang Usaha dan Hutang Usaha?

Jawaban:

Piutang Usaha adalah hasil atau pembayaran yang harus dibayar pelanggan untuk barang atau barang yang dibeli dari perusahaan. Sebagai perbandingan, Hutang usaha adalah pembayaran yang harus dibayar perusahaan sebagai imbalan atas pembelian apa pun yang dilakukan oleh vendor.

2. Berikan gambaran tentang ketiga laporan keuangan tersebut

Jawaban:

Tiga laporan keuangan adalah neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Neraca perusahaan menunjukkan aset perusahaan, kewajiban, dan ekuitas pemegang saham. Di sisi lain, laporan laba rugi menunjukkan pendapatan dan beban perusahaan. Ketika datang ke laporan arus kas, itu menunjukkan arus kas dari aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan.

3. Jika saya memberi Anda kesempatan untuk memilih salah satu laporan keuangan untuk meninjau kesehatan perusahaan secara keseluruhan, maka pernyataan mana yang akan Anda pilih?

Jawaban:

Pilihan terbaik adalah laporan arus kas. Laporan arus kas memberikan gambaran yang akurat tentang kesehatan keuangan perusahaan. Ini menunjukkan berapa banyak uang tunai yang dihasilkan perusahaan. Namun, ketiga laporan keuangan tersebut diperlukan untuk menyimpulkan kesehatan perusahaan secara akurat.

4. Jika saya membeli persediaan sebesar Rp. 200.000 hari ini. Lalu apa dampak dari pembelian ini terhadap laporan laba rugi?

Jawaban:

Tidak akan ada dampak dari transaksi ini pada laporan laba rugi. Transaksi ini hanya akan berdampak pada neraca dan laporan arus kas.

5. Jika sebuah perusahaan memiliki modal kerja negatif, lalu apa artinya ini?

Jawaban:

Modal kerja negatif artinya perusahaan memiliki lebih banyak kewajiban lancar daripada aset lancar. Itu berarti bahwa perusahaan sedang menghadapi masalah keuangan. Namun, di toko kelontong, pelanggan membayar di muka, dan biasanya, persediaan bergerak relatif cepat. 

Namun, dalam industri ini, pemasok biasanya memberikan waktu 30 hari atau lebih untuk membayar jumlah tersebut. Di sini, perusahaan menerima uang tunai dari pelanggan lebih awal sebelum dibutuhkan. Jadi, dalam hal ini, memiliki modal kerja negatif adalah tanda efisiensi.

6. Jika Anda memiliki tenggat waktu yang ketat untuk menyelesaikan beberapa proyek akuntansi, lalu bagaimana Anda akan mengelola pekerjaan tersebut?

Jawaban:

Jika ada beberapa proyek akuntansi dengan tenggat waktu yang ketat, maka manajemen waktu adalah yang pertama harus dilakukan. Gunakan teknik manajemen waktu untuk memasukkan transaksi dengan cepat dan akurat. Hal lain dapat menjadi prioritas. Fokus pada tugas akuntansi penting. 

Hal terakhir yang harus dilakukan untuk memenuhi tenggat waktu yang ketat ini adalah melakukan multitasking. Menyelesaikan berbagai jenis pelaporan secara bersamaan.

7. Bagaimana Anda menangani klien yang tidak memiliki latar belakang akuntansi?

Jawaban:

Kesabaran adalah kuncinya. Seseorang harus memiliki kesabaran dalam mengajarkan keterampilan akuntansi kepada orang lain. Memperbaiki kesalahan dan memberikan pemahaman mendasar tentang konsep akuntansi.

8. Dengan menggunakan strategi apa Anda akan mendeteksi entri palsu dalam jurnal atau buku besar?

Jawaban:

Penggunaan fitur pemantauan proaktif dalam platform perencanaan perusahaan dapat membantu mendeteksi entri penipuan dalam jurnal atau buku besar. Lebih baik untuk menyelidiki dan memeriksa ulang angka-angka untuk menemukan kesalahan secara menyeluruh.

9. Bagaimana Anda memastikan keakuratan akuntansi dipertahankan?

Jawaban:

Penggunaan setiap alat dan sumber daya untuk memeriksa pekerjaan dan membatasi potensi kesalahan dalam suatu transaksi. Lebih baik untuk membandingkan laporan real-time dengan laporan kartu kredit untuk mengkonfirmasi angka.

10. Software Akuntansi apa yang terbaik?

Jawaban;

Beberapa perangkat lunak akuntansi terbaik, antara lain:

  • SAP
  • Accurate
  • Zahir
  • Microsoft Dynamics GP
  • Dan sebagainya

11. Apa saja cabang akuntansi yang berbeda?

Jawaban:

Tiga cabang akuntansi adalah sebagai berikut:

  • Keuangan
  • Manajemen
  • Biaya

12. Apa perbedaan antara hutang dan piutang?

Jawaban:

Hutang usaha adalah jumlah hutang perusahaan karena telah membeli barang atau jasa secara kredit dari pemasok. Ini adalah kewajiban.

Piutang usaha adalah jumlah yang berhak ditagih oleh perusahaan karena telah menjual barang atau jasa secara kredit kepada pelanggan. Ini adalah aset.

13. Apa prinsip Pengakuan Pendapatan dan Pencocokan?

Jawaban:

Sesuai dengan prinsip pengakuan pendapatan, proses dan waktu pencatatan pendapatan dan pengakuannya sebagai item dalam laporan keuangan berdasarkan kriteria tertentu sedangkan prinsip pencocokan menunjukkan bahwa waktu pengeluaran perlu dicocokkan dengan periode di mana mereka terjadi, bukan ketika mereka benar-benar dibayar.

14. Apa itu Proses Akuntansi?

Jawaban:

Proses pelacakan, meringkas, menganalisis, dan melaporkan transaksi keuangan yang berbeda yang terkait dengan data akuntansi dan informasi untuk berbagi laporan dengan regulator, lembaga, dan entitas penagihan pajak dipahami sebagai proses akuntansi.

15. Apa itu sistem ERP Perencanaan Sumber Daya Perusahaan?

Jawaban:

ERP didefinisikan sebagai manajemen terintegrasi dari proses bisnis utama umumnya secara real-time dan dimediasi oleh perangkat lunak dan teknologi.

16. Apa itu akuntansi penghitungan?

Jawaban:

Akuntansi perhitungan adalah perangkat lunak akuntansi yang digunakan oleh usaha kecil dan toko untuk mengelola transaksi akuntansi rutin.

17. Dapatkah Anda menjelaskan persamaan dasar akuntansi?

Jawaban:

Karena akuntansi adalah proses yang berputar di sekitar aset, kewajiban, dan modal, persamaan akuntansi dapat menjadi,  Aset = Kewajiban + Ekuitas Pemilik.

18. Apa itu akuntansi offset?

Jawaban:

Ini dipahami sebagai proses membatalkan entri akuntansi dengan entri yang sama tetapi berlawanan. Ini digunakan untuk mengurangi jumlah bersih akun lain untuk menciptakan saldo bersih.

19. Mengapa Anda memilih menjadi seorang akuntan?

Jawaban:

Anda dapat menjawab ini dengan memberikan alasan rasional mengapa Anda memilih dunia akuntansi, ditambah jawaban Anda juga harus menunjukkan hasrat Anda untuk bidang ini. 

Anda dapat memulai dengan mengatakan bahwa Anda ingin menjadi bagian dari jaringan luas profesional keuangan dan akuntansi di mana Anda ingin menerima atau mengalami peran yang menantang dan mengeksplorasi peluang baru dengan semua jenis pilihan karir di bidang keuangan dan akuntansi

20. Keterampilan apa yang Anda anggap penting bagi seorang akuntan?

Jawaban:

Beberapa keterampilan yang penting  bagi seorang akuntan antara lain:

Sangat baik dalam matematik

Keterampilan memecahkan masalah

Gaya kerja terstruktur

Keterampilan analitis yang kuat

Bakat untuk teknologi, dan sebagainya.

Poin Penting

Jadi, apa yang sudah dijelaskan diatas adalah beberapa pertanyaan umum yang dapat ditanyakan dalam proses wawancara akuntan. Permintaan untuk akuntan terampil ada di industri dari domain yang berbeda.

Ketika mempersiapkan proses wawancara semacam itu, Anda harus selalu membaca deskripsi pekerjaan dengan cermat terlebih dahulu dan melakukan persiapan yang sesuai. Mereka yang memiliki bakat untuk angka, spreadsheet, dasar-dasar dan prinsip akuntansi akan menikmati pertumbuhan karir yang luar biasa sebagai seorang akuntan.

Posting Komentar untuk " Daftar 20 Pertanyaan dan Jawaban Wawancara Pekerjaan Akuntansi "