Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Bauran Pemasaran

Marketing Mix

Salah satunya tujuan dari marketing yaitu memastikan supaya produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan dikenal masyarakat sehingga nantinya perusahaan bisa memperoleh keuntungan dari penjualan produk tersebut.

Jadi tidak aneh saat sebuah perusahaan rela mengeluarkan banyak biaya untuk membuat strategi, dan taktik marketing.

Taktik marketing sebetulnya bukan hanya untuk perusahaan besar, karena perusahaan kecil harus juga memilikinya, misalnya seperti bauran pemasaran 4P.

Istilah taktik marketing 4P adalah sebagai dasar yang perlu jadi titik awal, saat Anda akan memulai usaha.

Terutama untuk beberapa pelaku usaha kecil menengah atau UKM yang semakin hari semakin meningkat jumlahnya di Indonesia.

Tetapi, permasalahannya adalah banyak diantara mereka yang masih bimbang dalam melakukan implementasi ide taktik marketing khususnya UKM.

Tiap komponen dari taktik ini sama-sama saling memperkuat dan benar-benar punya pengaruh pada perubahan usaha Anda khususnya UKM di Indonesia.

Walaupun sebenarnya bisa saja jika mereka mau mengaplikasikan dan mengimplementasikan secara baik, maka akan menolong usaha mereka jadi lebih berkembang dan maju.

Umumnya, ide taktik marketing 4P terhitung dalam materi yang didalami pertama kalinya dalam setiap pelajaran mengenai marketing.

Bahkan juga dari dahulu, taktik marketing ini masih tetap berkaitan. Tetapi sudah pasti, di zaman digital yang membuat usaha tidak mengenali batasan ini, taktik agar lebih tepat dan sesuai target.

Untuk Anda yang masih bimbang mengenai bauran pemasaran 4P ini, pada artikel kali ini akan mengulas tentang ide taktik marketing pada bisnis.

Pengertian Bauran Pemasaran

Tahukah Anda apa itu Bauran Pemasaran (Marketing Mix)? Marketing Mix atau dalam bahasa Indonesia di sebut bauran pemasaran merupakan salah satu istilah dalam dunia pemasaran atau dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah marketing, yang mana marketing sendiri merupakan proses komunikasi yang terpadu guna memberikan mengenai barang atau jasa yang kita tawarkan terkait dengan bagaimana cara memuaskan kebutuhan serta keinginan para konsumen.

Sebelum membahas lebih lanjut apa dan bagaimana bauran pemasaran, tidak ada salahnya jika kita terlebih dahulu mengetahui sedikit tentang makna pemasaran itu sendiri. Dasar pemahaman marketing sangatlah sederhana, yakni proses pemenuhan kebutuhan manusia yang menjadi keinginan manusia itu sendiri. Sangat mudah, bukan?

Sebagai ilustrasi, manusia membutuhkan minum tentu, maka dia akan mengkonsumsinya di rumah. Namun menjadikan air mudah dikonsumsi dan dibawa-bawa ke mana saja adalah keinginan si manusia itu tersebut. 

Maka kemudian lahirlah merek-merek minuman mineral yang mampu menangkap pesan dari kebutuhan dan keinginan manusia itu tersebut. Sungguh sangat sederhana, bukan? 

Dan kita sudah bisa memahami hakikat konsep dalam dunia marketing. Lantas apa yang disebut dengan Marketing Mix dalam kaitannya dengan dunia marketing?

Konsep Pemasaran Modern

Nah, dalam dunia yang semakin modern ini, para pelaku bisnis harus selalu memasang otak guna terus melakukan pemasaran agar perusahaan tetap eksis. Ini tentu memerlukan strategi-strategi yang matang dalam memasarkan produk yang sudah ada. 

Pasalnya keberadaan dunia bisnis yang terus menggeliat, menjadikan iklim kompetisi semakin ketat bahkan juga memanas.

Setelah ada produk, penetapan harga, dan distribusi yang tertata, maka proses paling ujung adalah melakukan penjualan atau marketing. Salah satu konsep marketing pada dunia pemasaran modern saat ini kemudian mengenal istilah Marketing Mix (Bauran pemasaran). 

Perlu diketahui, konsep Marketing Mix merupakan salah satu aktivitas pemasaran yang begitu menentukan kesuksesan perusahaan dalam mengejar maksimum profit karena memakai semua instrumental yang ada pada segala ruang-ruang pemasaran dalam sebuah perusahaan.

Dari sinilah kemudian, seorang pakar bernama Swastha mengartikan bahwa Marketing Mix adalah gabungan atau bauran dari empat variabel inti dari sebuah sistem pemasaran yang meliputi produk, harga, promosi dan juga sistem distribusi dalam sebuah perusahaan. 

Sesuai namanya, Mix berarti memadukan atau menggabungkan, maka jadilah Marketing Mix  sebagai usaha pemasaran yang menggabungkan empat unsur utama dalam dunia perusahaan. 

Sementara itu, D.W. Foster berpendapat Marketing Mix merupakan istilah yang sejatinya memaparkan seluruh unsur pemasaran dan faktor produksi yang sengaja dikerahkan habis-habisan guna mencapai tujuan usaha misalnya meningkatnya laba atau penghasilan, harta yang ditanam dalam bentuk saham atau lainnya, omzet penjualan yang tinggi, bahkan pasar yang ingin dikuasai.

Sementara itu, beberapa komponen penting pendukung dalam dunia Marketing Mix adalah misalnya merek dagang, jenis barang, kemasan, dan juga pelayanan. 

Selain itu, ada beberapa komponen lainnya yang tak kalah penting, yakni penjualan, pengawasan, pengangkutan, saluran jaring-jaring distribusi, dan lain sebagainya. Lantas apa saja manfaat Marketing Mix itu sendiri bagi perusahaan?

Dalam dunia bisnis, sekali lagi marketing atau pemasaran memegang peranan penting dalam hal menggasak laba yang menggunung. Manfaat Marketing Mix bagi perusahan adalah untuk membuat perencanaan di mana perusahaan segera menentukan kebijaksanaan dalam persaingan untuk menguasai pasar yang ada. 

Sementara dari sisi keilmuan, mempelajari Marketing Mix adalah mengarahkan kombinasi mana saja yang sesuai kebutuhan perusahaan terkait pembuatan program guna mendongkrak omzet perusahaan.

Unsur Marketing Mix (Bauran Pemasaran)

Pengertian Bauran Pemasaran

Sepakat atau tidak sepakat, dalam Marketing Mix empat unsur tersebut adalah penentu untuk melakukan analisa pasar secara menyeluruh dalam sebuah perusahaan karena dari sanalah kemajuan sebuah perusahaan bisa diawali sekaligus juga elemen yang menjadi fokus pengontrolan pada perkembangan perusahaan kita. 

Dalam hal bauran pemasaran ini kita mengenal sebuah konsep yang disebut sebagai 4P. Apakah konsep tersebut? Apa saja isi yang terkandung dalam konsep 4P tersebut/

Alangkah lebih baiknya jika empat hal utama dalam dunia Marketing Mix itu kemudian dipahami satu per satu agar bisa membantu memahami lebih lanjut. Untuk itu simak ulasannya secara lebih detail berikut ini.

Unsur Produk

Pertama, unsur produk. Sebagaimana diketahui, secara definisi adalah suatu yang bisa ditawarkan kepada khalayak pasar untuk memperoleh perhatian untuk segera dimiliki, digunakan, dan dikonsumsi hingga mampu memuaskan kebutuhan manusia.

Jenis produk sendiri tak melulu berupa barang, melainkan juga jasa serta keinginan lainnya untuk menggambarkan sesuatu yang mampu memenuhi keinginan seseorang. 

Maka dari itu, produk bisa diciptakan dengan cara mengetahui perkembangan kebutuhan konsumen lewat sebuah penelitian pasar agar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Dalam Marketing Mix, produk tak bisa dipisahkan.

Unsur Harga

Kedua, harga. Sebagaimana diketahui, harga adalah alat untuk nilai suatu barang. Selain itu, di mata para produsen, harga juga merupakan penentu permintaan pasar serta mempengaruhi posisi pesaing dalam rangka merebut konsumen.

Pada kondisi lain, harga tak lain adalah indikator dari pada daya beli barang. Waspadalah dalam menentukan harga karena tugas besar menetapkan harga adalah bisa terbeli masyarakat akan tetapi juga menguntungkan perusahaan. Ini juga tak bisa dipisahkan dalam konsep Marketing Mix. 

Untuk menentukan harga dalam taktik marketing 4P (Marketing Mix), coba pikirkan hal - hal berikut ini:

  • Berapakah nilai dari produk atau jasa untuk konsumen?
  • Adakah titik harga yang diputuskan untuk produk atau service di tempat ini?
  • Akankah sedikit pengurangan harga memberikan Anda market share extra?
  • Atau akankah peningkatan kecil tidak kelihatan, dan dengan begitu memberikan Anda margin tambahan keuntungan?
  • Potongan harga apa yang perlu ditawari untuk menarik konsumen setia, atau ke fragmen tertentu yang lain dari pasar Anda?
  • Bagaimana harga Anda dibanding dengan kompetitor Anda?

Unsur Tempat

Ketiga, tempat. Ada produk dan ada harga, namun akan sangat aneh jika tak ada tempat di mana barang tersebut bisa diperoleh. Tempat yang baik adalah tempat di mana para pembeli dengan mudah mencari produk kita. 

Konsep Marketing Mix menghajatkan hal ini karena memang tempat adalah unsur lain di mana produk kita terpampang.

Pada era modern ini, tempat tak lagi dipahami sebagai gerai atau warung dalam dunia nyata. Pemahaman Marketing Mix juga bisa diterapkan pada konsep Marketing Mix pada dunia maya atau bisnis online. Tempat yang dimaksud di sini adalah website tempat kita memajang produk-produk yang akan kita jual. 

Banyak hal penting yang harus menjadi perhatian saat memilih lokasi usaha, antara lain:

  • Di mana konsumen mencari produk atau service Anda?
  • Bila mereka mencari di toko, tipe apa? Di supermarket, mall, atau online?
  • Bagaimana Anda dapat terhubung aliran distribusi yang betul?
  • Apa yang sudah dilakukan oleh pesaing Anda, dan bagaimana Anda dapat belajar pada mereka?

Promosi

Keempat, promosi. Nah, konsep promosi ini sangat penting dalam konsep Marketing Mix karena memang berkaitan dengan proses penjualan. 

Kalau dilihat dari sisi makna, promosi merupakan aksi perusahaan atau individu dalam menyampaikan informasi dan mempengaruhi bahkan harus mampu menarik konsumen secara lansung terhadap produk yang kita jual. 

Maka dari sinilah kegiatan promosi merupakan cara yang sangat efektif dalam hal merebut konsumen yanga ada di pasaran.

Promosi juga tak boleh berhenti karena setiap produk baru dalam dunia Marketing Mix haruslah selalu diinformasikan dengan terus menerus hingga melekat di ingatan para konsumen. Dengan demikian, mereka akan memutuskan memilih produk yang kita jual.

Untuk membantu Anda dalam menentukan aktivitas promosi yang sesuai, coba jawab pertanyaan berikut ini:

  • Kapan dan dimana Anda dapat menyampaikan pesan promosi ke pasar target Anda?
  • Apakah Anda akan mencapai audience Anda dengan berpromosi lewat cara online, di media, di TV, di radio, atau di billboard?
  • Kapan saat terbaik untuk berpromosi? Pada saat hari raya, atau beberapa momen tertentu?
  • Bagaimana kompetitor Anda lakukan promo? Apakah itu mempengaruhi opsi kegiatan promo Anda?

Era Internet 

Perkembangan zaman tak bisa dicegah. Maka lahirlah kemudian bisnis-bisnis yang bergerak berbasis IT. Adalah sesuatu yang lumrah saat ini, di mana toko-toko menjamur secara online. 

Ini tentu memberikan kemudahan tersendiri bagi para pembeli karena ia hanya cukup duduk dan mengklik menu-menu, lalu barang akan segera dikirim setelah melakukan transfer.

Tentunya ini memang proses jual beli terbatas karena hanya bisa dilakukan oleh kalangan tertentu saja dan tidak semua orang bisa mengakses internet. 

Hanya saja sesuai dengan survei, bahwa telah terjadi lonjakan pengguna internet di Indonesia. Ini adalah pasar tersendiri bagi mereka yang ingin menerapkan Marketing Mix dalam dunia maya.

Ternyata, Marketing Mix juga ternyata berlaku dalam dunia internet. Empat komponen yang sejak awal dibahas pada dasarnya sama saja dengan kita membuka toko nyata. 

Bedaanya adalah kita hanya dituntut lebih jeli dan cermat dalam mengelola tempat; mulai dari tampilan, content, sistem pembelian, pembayaran, pengiriman, dan lain-lain. 

Nah, begitulah Marketing Mix (Bauran pemasaran) telah merambah dunia maya dan tak akan berhenti selama aktivitas bisnis masih ada di dunia ini. 

Post a Comment for "Pengertian Bauran Pemasaran"