Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jadwal Bansos PKH 2021 Dan Cara Login dtks.kemensos.go.id

 

Jadwal Bansos PKH 2021 Dan Cara Login dtks.kemensos.go.id

Kabar gembira untuk seluruh masyarakat Indonesia, bahwa Pemerintah telah memutuskan untuk melanjutkan program Bansos terkait dengan penanganan COVID-19 yang telah di lakukan tahun 2020 kemarin.

Hal tersebut telah di sampaikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo, beberapa waktu yang lalu. Hal senada juga telah di sampaikan oleh Menteri Sosial yang baru di lantik beberapa hari yang lau yakni Ibu Tri Rismaharini.

Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) akan diberikan dalam 4 tahapan yakni mulai bulan Januari, April, Juli dan Oktober 2021. Bansos PKH tersebut ditujukan untuk 10 juta penerima manfaat melalui transfer langsung ke rekening masing - masing penerima melalui penyalur bank Himbara. 

"Itu penggunaannya adalah untuk ibu hamil, kemudian anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas dan lanjut usia. Ini akan diberikan setiap 3 bulan sekali dengan tahap pertama Januari, kedua bulan April, tahap ke-3 bulan Juli dan tahap ke-4 bulan Oktober," ungkap Menteri Sosial Tri Rismaharini. 

Tujuan pemberian bansos tersebut adalah untuk memperkuat daya beli dan meningkatkan konsumsi masyarakat sekaligus untuk mempercepat pemulihan ekonomi. Menurut Menteri Sosial Tri Rismaharini bansos 2021 bagi warga yang terdampak COVID-19 ini akan mulai disalurkan pada 4 Januari 2021. 

"Dengan PT POS mulai disalurkan pada 4 Januari [2021]. Kita harap dalam satu minggu bisa selesai di seluruh Indonesia tapi memang ada yang khusus di Papua berbeda," kata Risma. 

"Karena Januari harus segera disalurkan maka pada bulan Februari ada mekanisme yang akan kita perbarui, yang lebih mudah namun kita lebih detail untuk melakukannya karena ada 'feedback', jadi bukan hanya kami memberikan bantuan tapi ada pelaporan untuk penerima bantuan," tambah Risma. Risma berharap tidak ada lagi upaya memotong bantuan atau penyelewengan bantuan.

Cara Login dtks.kemensos.go.id untuk Cek dan Daftar BST KPM KPH Rp3,5 Juta rupiah

Cara Cek KPM KPH Rp3,5 Juta Untuk yang ingin melakukan pengecekan daftar penerima bantuan UMKM ini bisa langsung mengunjungi situs dtks.kemensos.go.id: 

1. Kunjungi situs dtks.kemensos.go.id, kemudian pengunjung akan berada di halaman utama. 

2. Di bagian atas, masukkan ID kepesertaan yang diinginkan. (ID NIK, ID DTKS, atau nomor PBI JK/KIS). 

3. Setelah memilih ID, masukkan Nomor Kepesertaan (NIK). 

4. Ketik nama sesuai KTP atau ID yang dipilih. 

5. Kemudian, masukkan empat huruf kode Captcha yang tertera di dalam kotak kode. 

6. Klik kotak kode untuk mendapatkan kode baru. 

7. Selanjutnya, cek apakah Anda termasuk ke dalam daftar beserta DTKS. 

Dan berikut ini adalah syarat - syarat untuk mendapatkan Bansos Rp500 ribu-Rp3,5 juta:

1. Peserta sempat masuk dalam KPM PKH dan menghuni daftar dtks.kemensos.go.id. 

2. Setelah masuk dalam daftar dtks.kemensos.go.id, saat ini sudah digraduasi karena lebih sejahtera. 

3. Memiliki usaha. 

4. Usaha tersebut terkena dampak COVID-19.

Demikianlah informasi terkait dengan Jadwal Bansos PKH 2021 Dan Cara Login dtks.kemensos.go.id. Semoga berguna dan bermanfaat. Tetap waspada dan terapkan selalu protokol kesehatan yang telah di tetapkan oleh pemerintah terkait dengan pencegahan penyebaran virus corona, yakni 3M + Menjauhi kerumunan.

Sumber:https://tirto.id

Post a Comment for "Jadwal Bansos PKH 2021 Dan Cara Login dtks.kemensos.go.id"