Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tips Dan Trik Belanja Online Supaya Aman

 

Tips Dan Trik Belanja Online Supaya Aman

10 Tips Dan Trik Belanja Online Supaya Aman - Perkembangan teknologi internet di Indonesia telah banyak memunculkan situs belanja e-Commerce dalam jumlah yang signifikan. Mereka semua membangun situs belanja online yang menjual berbagai macam barang dan jasa seperti layaknya sebuah mall atau supermarket. Kemudahan berbelanja dalam e-Commerce, telah membuat konsumen ingin membeli dalam jumlah yang lebih banyak.

Konsumen semakin terpacu untuk berbelanja karena situs belanja online gencar menawarkan promosi dan diskon kepada mereka. Dengan harga murah, cashback, bahkan promo pengiriman gratis. Berbelanja di situs e-commerce adalah bagian dari gaya hidup baru yang saat ini berkembang di masyarakat. Tren ini diperkirakan akan terus berlanjut selama bertahun-tahun kedepan.

Nah, demi menjaga kenyamanan berbelanja Anda di situs belanja online, maka saya akan memberikan beberapa tips dan trik yang mungkin bermanfaat untuk Anda.

Berikut adalah 10 Tips Dan Trik Belanja Online Supaya Aman, antara lain:

1. Riset Situs Belanja Online

Sebaiknya lakukan tips berikut jika Anda berbelanja online di website yang jarang Anda gunakan. Periksa nomor telepon penjual dan coba hubungi mereka. Jika belum meyakinkan, kunjungi halaman pencarian Google dan masukkan nama website tersebut. Jangan lupa juga untuk mencari review dari konsumen yang pernah berbelanja disana. 

Jika banyak konsumen yang mengeluh tentang layanan situs tersebut, sebaiknya tinggalkan saja situs tersebut. Temukan situs belanja lain yang mendapatkan apresiasi positif, dan hindari situs belanja yang hanya mendapatkan satu bintang atau mendapatkan keluhan dan kekecewaan dari konsumen di akun media sosial dan di situs belanja tersebut.

2. Lihat Kebijakan Situs Belanja Online Untuk Data Pribadi Anda

Periksa kebijakan situs belanja online mereka. Jangan sampai ada maksud dari pengelola website untuk memberikan data pribadi konsumen kepada pihak lain. Juga, jangan lupa untuk membaca kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada jaminan jika barang yang Anda terima ternyata cacat atau rusak. 

Pastikan Anda bisa mengembalikan barang yang cacat tersebut dan tentunya penjual akan menggantinya dengan barang baru atau uang Anda akan dikembalikan. Tolong, periksa juga siapa yang akan membayar pengembalian barang tersebut.

3. Periksa Paket Dengan Membaca Deskripsi Produk Dengan Cermat

Tips aman yang ketiga adalah memeriksa paket barang dan membaca deskripsi produk dengan cermat. Waspadai barang bermerek yang dijual dengan diskon sangat besar. Mengapa? Karena bisa jadi barang tersebut adalah barang palsu (KW), atau penjual hanya ingin mendapatkan uang Anda dengan menipu Anda.

4. Jangan Mudah Tergiur Dengan Barang Murah

Jangan terburu-buru tertarik dengan penawaran penjual yang menjual produknya dengan harga murah yang datang dari e-mail, terutama ketika mereka  menanyakan ID dan password akun Anda. Itu biasanya adalah pekerjaan para spammer. Tapi, hati-hati, spammer juga bisa merayu Anda. 

Mereka akan mengirim email yang sepertinya berasal dari perusahaan yang baik. Sebaiknya kunjungi situs belanja online resmi perusahaan dan segera berbelanja dari situs tersebut. Jangan masuk ke sebuah situs melalui email atau jendela pop-up.

5. Carilah Tanda-Tanda Bahwa Website Tersebut Aman

Tanda tersebut biasanya berupa gambar gembok di status bar browser Anda. Sebelum memasukkan informasi pribadi Anda, periksa tanda keamanan di situs tersebut. Saat Anda diminta memasukkan informasi pendaftaran untuk nomor kartu kredit, lihat alamat situs web tersebut. Alamat situs web harus berubah dari 'http' menjadi 'https'. yang artinya informasi pembayaran dilindungi.

6. Amankan PC Atau Gadget Anda

Minimal, PC atau gadget Anda harus memiliki software anti virus. Akan lebih baik lagi jika Anda menginstal anti spyware dan firewall di PC atau gadget Anda. Ingat, perangkat lunak memiliki fitur keamanan yang harus diperbarui secara berkala. Jadi, PC atau gadget terlindungi dari ancaman mallware attau virus terkini. Nah, atur saja proses updatenya secara otomatis.

7. Pertimbangkan Metode

Metode Pembayaran biasanya dilakukan dengan kartu kredit, melalui ATM, atau melalui gerai ritel modern. Dengan kartu kredit, Anda memiliki bukti kuat bahwa Anda telah melakukan transaksi jika barang tidak terkirim atau tidak sesuai pesanan. 

Namun, karena banyaknya pencurian nomor kartu kredit, pembayaran yang biasanya menggunakan platform, seperti PayPal, Transfer, atau Cash on Delivery (COD) dapat Anda pertimbangkan.

8. Cek Harga Dan Total Harga

Jangan lupa untuk mengecek harga produk, biaya paket pengiriman, ditambah ongkos kirim, sambil berdo'a semoga ada diskonnya. Bandingkan harga total sebuah situs web dengan situs web lain untuk jenis produk yang sama.

9. Simpan Bukti Transaksi

Termasuk deskripsi dan harga produk, kuitansi digital, serta salinan email yang dikirim antara Anda dan penjual. Itu bisa menjadi bukti kuat bagi Anda jika terjadi permasalahan di kemudian hari.

10. Matikan PC Setelah Bertransaksi

Jika PC terus dihidupkan, mungkin saja ada pencuri yang telah menanam malware dan mengambil kendali PC dan melakukan aktivitas transaksi dengan menggunakan ID atau kartu kredit Anda. Anda harus mematikan PC setelah Anda selesai bertransaksi.

Nah, itulah beberapa cara aman berbelanja di situs belanja online yang bisa Anda gunakan. 

Jangan lupa untuk mengunjungi blog saya di www.bizznet.my.id untuk mendapatkan update artikel lainnya.

referensi: https://powercommerce.asia/

Post a Comment for "10 Tips Dan Trik Belanja Online Supaya Aman"