Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Membangun Toko Online Untuk Pemula

6 Tips Membangun Toko Online Untuk Pemula
image via freepik

Keberadaan teknologi internet di zaman modern sekarang ini telah menjadi lahan untuk menjalankan sebuah bisnis yakni bisnis online. Di mana lagi Anda dapat memasang sebuah situs (website) dan kemudian bisa langsung bersaing dengan perusahaan - perusahaan besar secara internasional?

Apakah Teknologi Internet Tersebut?

Jawabannya adalah E-commerce, atau biasa disebut sebagai web komersial, yang berarti adalah sebuah situs yang menjual barang dagangan atau jasa melalui internet dengan transaksi elektronik dan juga melalui jaringan yang aman. 

E-commerce tidak hanya sekedar membeli dan menjual atau menyediakan layanan tetapi juga merupakan metode periklanan dan pemasaran melalui sistem elektronik. E-commerce juga berarti memfasilitasi kemajuan transaksi komersial secara elektronik. 

Saat ini E-commerce adalah teknologi yang mapan dan eksis di hampir semua negara di dunia ini baik negara yang sedang berkembang atau negara maju. Dalam kebanyakan kasus Internet Marketing mengharuskan Anda untuk memiliki toko E-commerce sendiri untuk mendapatkan return of investment (ROI) maksimum.

PERSYARATAN SEBUAH TOKO E-COMMERCE 

Membangun sebuah toko online bukanlah pekerjaan yang mudah. Perangkat lunak diperlukan untuk dapat mengelola pelanggan serta kebutuhan mereka. Perangkat lunak E-commerce harus dapat menangani persediaan, pengiriman dan penanganan biaya, pajak, pengiriman dan pemrosesan pembayaran pesanan klien Anda. 

Anda mungkin memiliki banyak pilihan ketika membangun sebuah toko E-commerce. Sebelum Anda memilih salah satu dari pilihan tersebut adalah hal yang penting untuk memiliki analisa yang jelas tentang kebutuhan Anda. Persyaratan teknis termasuk sistem pelacakan, pilihan login pelanggan atau sejumlah hal penting lainnya. Persyaratan lainnya mencakup jenis tayangan yang ingin Anda berikan kepada klien Anda.

1. Pelajari Siklus Penjualan Dan Pemasaran Untuk Menentukan Kebutuhan Anda

Sebelum Anda memilih salah satu solusi untuk membangun toko E-commerce, maka Anda harus mempelajari terlebih dahulu model dasar E-commerce yang bisa mewakili seluruh penjualan dan siklus pemasaran. Bagian pertama dari siklus ini adalah pengunjung, di mana Anda harus mendefinisikan jenis pelanggan Anda yang akan menjadi target pasar Anda. Kedua adalah komoditas, di mana Anda mencirikan jenis produk Anda di pasar. Ketiga adalah dukungan pelanggan di mana Anda akan menjawab pertanyaan dan menawarkan solusi untuk klien atau potensi masalah yang di hadapi klien Anda. 

Selanjutnya adalah iklan, pemasaran dan pengesahan di mana bisnis bisnis Anda aoakah akan mempromosikan sebuah produk atau jasa. Kemudian ada pengolahan transaksi, fase teknis yang paling penting dari siklus, yang akan menangani pesanan, pajak, pemrosesan pembayaran dan pengiriman pesanan. Transaksi mungkin secara otomatis atau manual. 

6 Tips Membangun Toko Online Untuk Pemula
image via freepik

Dalam proses manual, Anda harus memasukkan informasi tentang kartu kredit secara manual melalui terminal offline. Dalam kasus pemrosesan otomatis, formulir pesanan klien akan disiapkan dengan sebuah program yang akan memproses dan menagih kartu kredit untuk Anda. 

Setelah itu ada layanan mengenai bagaimana cara Anda dalam memberikan solusi dan layanan setelah penjualan produk. Terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah nama merek yang akan membuat citra bisnis Anda menjadi unik dan sesuai dengan pelanggan Anda. Tidak ada yang akan memperhatikan toko online Anda kecuali ada sesuatu yang menarik mata mereka untuk datang berkunjung.

2. Penelitian Terhadap Pilihan Anda

Setelah Anda menentukan kebutuhan Anda, maka Anda kemudian dapat mulai meneliti kembali pilihan Anda tersebut. Ada dua jalur dasar yang dapat Anda ikuti ketika membangun sebuah toko E-commerce, baik dengan membeli perangkat lunak yang siap pakai atau membangun sistem kustom dengan komponen dan bagian sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

3. Fleksibilitas

Beberapa perusahaan bisnis menawarkan hadiah untuk melakukan pendekatan pemasaran yang lebih baik. Hal ini membutuhkan solusi E-commerce yang cukup fleksibel yang memungkinkan berbagai pilihan lain seperti pemberian kupon dan promosi. Jika produk Anda terdiri dari berbagai jenis model atau gaya, maka memberikan pilihan yang berbeda dan harga yang berbeda (diferensiasi), maka Anda harus mengkomunikasikan faktor ini dan menggambarkannya dengan baik di toko online Anda. 

Seorang pebisnis sejati pasti akan mengikuti pola kliennya yang biasa dan juga mereka yang langsung mengunjungi situs Anda tersebut. Alat pelacak statistik website dapat sangat membantu untuk tujuan ini.

4. Kemudahan Penggunaan

Beberapa toko E-commerce sangat mudah digunakan dan hanya memerlukan beberapa menit untuk belajar sementara, sementara beberapa yang lain lebih kompleks dengan begitu banyak fitur yang luar biasa. Dengan melihat demonstrasi perangkat lunak tersebut secara langsung sebelum Anda memutuskan untuk membelinya akan membantu Anda untuk menentukan kemudahan dalam penggunaannya nanti.

5. Skalabilitas

Mampu tumbuh bersama dengan bisnis Anda adalah hal yang sangat penting. Jika Anda memilih solusi yang sangat sederhana sekarang, maka memerlukan solusi yang lebih hebat lagi jika toko online Anda berkembang maju, dan itu akan membuat Anda kehilangan waktu untuk mengkonversi kembali toko online Anda. 

Jika struktur URL toko Anda tidak konsisten, Anda juga dapat kehilangan peringkat di mesin pencari dan halaman pencarian jika Anda tidah mengubah solusi E-commerce Anda. Oleh karena itu, penting untuk memilih solusi E-commerce yang dapat tumbuh bersama - sama dengan bisnis Anda. Sebagai contoh, beberapa pemilik toko mungkin tidak ingin kupon di awal tetapi kemudian ditengah jalan memutuskan bahwa itu adalah ide yang baik. Beberapa toko mungkin juga memiliki batasan pada jumlah produk, kontrol persediaan dan pelacakan yang juga merupakah hal yang sangat penting.

6. Keamanan

Satu hal yang paling penting untuk sebuah toko online adalah keamanan dalam bertransaksi. Prioritas untuk setiap perusahaan bisnis haruslah sebuah transaksi yang aman. Pastikan toko online Anda memiliki fitur SSL (Secure Socket Layer), agar seluruh data Anda menjadi aman. 

SSL adalah sebuah teknologi enkripsi yang mengenkripsi pesan dan penerima mendekripsi dengan menggunakan RSA keamanan. Untuk mengaktifkan fitur SSL pada server website toko online Anda, maka  Anda memerlukan ID digital (suatu bentuk identifikasi yang akan mengenali Anda). Banyak web host yang menyediakan instalasi SSL dengan biaya yang relatif murah pertahunnya.

Kesimpulan :

Secara keseluruhan, Anda ingin fleksibilitas, kemudahan penggunaan, keamanan dan skalabilitas di toko online Anda. Penelitian pilihan Anda sebelum Anda membuat pilihan akhir, dan bila memungkinkan, mendapatkan percobaan gratis (trial) merupakan solusi sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan berguna untuk Anda.

Post a Comment for "6 Tips Membangun Toko Online Untuk Pemula"