Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Branding Dalam Pemasaran

 

Branding Dalam Pemasaran
image via freepik

Branding Dalam Pemasaran

Untuk dapat memahami perbedaan antara branding dan marketing, maka terlebih dahulu Anda harus mengetahui dahulu apa yang disebut dengan merek. Jadi, Anda perlu tahu apa itu merek serta mengetahui apa saja yang membentuk sebuah merek dan bagian mana dari perusahaan Anda yang mungkin dapat Anda eksploitasi (gunakan), untuk mendefinisikan dan memanipulasi merek Anda dan bagaimana cara Anda dirasakan oleh publik. Terus, bagaimanakah caranya?

Kombinasi merek yang berhasil dikembangkan dan merupakan hasil implementasi dari sebuah kampanye pemasaran yang hebat yang akan melakukan keajaiban luar biasa untuk bisnis Anda. Pikirkan tentang iklan di TV yang ada di pikiran Anda, apa yang membuatnya bisa begitu? Apa yang telah mereka lakukan secara berbeda? 

Jika Anda membuat sebuah daftar, maka Anda akan melihat bahwa masing-masing dari mereka telah memanfaatkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam melakukan kampanye pemasaran. Tidak cukup hanya memiliki logo yang bagus, atau sebuah iklan radio yang hebat. Seluruh paket pemasaran, ketika dilakukan dengan benar, adalah kunci Anda untuk membangun bisnis Anda meraih kesuksesan.

Ada sejumlah besar alat bisnis yang diterima secara luas sebagai bentuk iklan. Kuncinya di sini adalah bagaimana menempatkan merek Anda pada segala sesuatu. Mungkin tidak untuk menempatkan logo Anda pada semuanya (meskipun dalam banyak kasus sangat disarankan), tetapi hanya untuk memastikan bahwa semua materi bisnis Anda sesuai dengan citra bisnis yang sudah Anda tentukan. 

Misalnya, jika Anda memiliki warna perusahaan tertentu yang cukup unik (bukan warna hitam), maka Anda dapat menggunakannya untuk keuntungan Anda dengan menempatkan semua korespondensi Anda dalam amplop berkode warna. Jika merek Anda adalah aroma atau parfum tertentu, pastikan Anda selalu memakainya ketika Anda bertemu dengan pemasok atau pelanggan potensial Anda. Merek Anda adalah segalanya.

Anda harus memiliki dua port panggilan utama, dan itu tergantung pada jenis industri Anda yakni kartu nama dan situs web Anda. Ini adalah tempat pertama pelanggan Anda akan mencari informasi tentang merek Anda. Jika merek Anda tidak terlihat melalui dua media ini, Anda mungkin berada dalam masalah pemasaran. Berhenti membaca, dan saatnya untuk menemukan merek Anda karena itu sangat penting untuk bisnis Anda.

Anda harus menggunakan logo Anda, atau beberapa manifestasinya, pada kartu nama Anda. Kartu nama Anda adalah identitas pribadi kecil Anda yang dapat dibawa orang-orang bersama dengan mereka. Sepotong informasi tentang Anda dan merek Anda tertulis di kartu nama Anda. Kerjakan dan kerjakan dengan benar, atau Anda akan menyesalinya nanti. Anda harus bangga menyerahkan kartu nama Anda kepada klien atau pelanggan setia Anda.

Berkenaan dengan situs web Anda, di atas segalanya harus terlihat bagus dan mudah dinavigasi. Anda tidak perlu membuat sebuah website dengan tampilan yang sangat mencolok, tetapi kemungkinan orang akan lebih tertarik pada website Anda jika tampilannya bagus. 

Jadi, jika Anda memiliki situs web yang jelek, maka Anda juga perlu memperbaikinya segera. Tidak perlu cantik, tetapi perlu untuk tidak terlalu ofensif. Jika Anda ingin melakukannya sendiri, ada puluhan ribu tutorial di luar sana tentang desain situs web yang mungkin berguna untuk Anda. 

Jika tidak ingin melakukannya sendir, maka mempekerjakan seorang desainer web atau pengembang yang profesional untuk membuat situs web yang efektif untuk Anda adalah pilihan terbaik untuk Anda. Pastikan Anda memeriksa hasil pekerjaan mereka sebelumnya, untuk memastikan bahwa mereka benar-benar dapat menyediakan apa yang Anda butuhkan. 

Setelah Anda memiliki titik kontak awal Anda diurutkan, Anda dapat melihat segala sesuatu yang lain. Ada begitu banyak opsi untuk memasarkan produk atau layanan Anda, dan saya tidak mungkin mengungkapkan semuanya, bahkan jika saya menulis sebuah buku tentang hal itu. Jadi mari kita bicara pilihan dan contoh. 

Bentuk pemasaran yang paling jelas tampaknya adalah iklan di media cetak. Iklan cetak tersedia melalui media yang berbeda, seperti majalah, surat kabar, kotak surat, selebaran, brosur, dan potongan kertas yang mengganggu di bawah wiper kaca depan mobil orang lain. 

Ada manfaat untuk semua ini, tergantung pada siapa audiens target Anda dan berapa banyak yang ingin Anda belanjakan. Misalnya, untuk sebuah iklan berwarna seperempat halaman di majalah mungkin dikenakan biaya rp. 1.000.000, tetapi mungkin juga memberi Anda lebih banyak kesempatan untuk menargetkan audiens spesifik Anda (jika Anda adalah pengembang merek, Anda dapat beriklan di majalah perusahaan start-up). 

Kotak surat cukup murah untuk dikembangkan (terutama jika Anda melakukan fotokopi dan menyebarkannya diri), tetapi Anda mungkin menemukan bahwa sebagian besar orang hanya akan membuang selebaran yang Anda berikan. Dan kemudian orang-orang yang benar-benar membaca selebaran Anda mungkin tidak akan tertarik, dan itu hanya membuang-buang waktu saja. 

Di sisi lain, jika Anda memiliki jenis bisnis dengan penjualan rendah dan keuntungan tinggi dengan mark-up besar, bahkan beberapa penjualan dari penurunan Anda mungkin akan membuatnya tetap menguntungkan, sehingga bisa bernilai waktu dan uang yang Anda masukkan ke dalamnya.

Brosur memungkinkan Anda untuk menampilkan berbagai produk Anda, tetapi brosur cukup mahal untuk diproduksi dan seperti kotak surat, banyak orang hanya membuangnya di tempat sampah tanpa sempat membacanya. 

Jika Anda menempelkan selebaran Anda di supermarket lokal di daerah Anda, itu mungkin hanya akan dikenakan biaya Rp.100 untuk biaya fotokopi, tetapi itu mungkin sedikit merugikan sisi profesionalisme Anda. Potongan-potongan kertas yang mengganggu di bawah wiper kaca depan mobil orang, tentu akan menjengkelkan bagi orang yang memiliki mobil tersebut.

Ini bukan hanya tentang iklan, tentu saja. Seperti yang telah saya bahas sebelumnya, merek Anda terdiri dari begitu banyak komponen daripada sekadar materi iklan. Berkreasilah dengan pemasaran Anda ketika Anda menjual sebuah produk, dan tambahkan bakat pribadi Anda sendiri ke dalamnya.

Branding Dalam Pemasaran
image via freepik

Pastikan bahan kemasan Anda memiliki logo merek Anda di atasnya. Ketika Anda keluar dan berkeliling kenakan kaos atau anting-anting dalam warna perusahaan Anda. Jika Anda melakukan hal-hal semacam ini cukup sering, maka orang akan mulai memperhatikan itu. Setiap menit dalam sehari adalah kesempatan mereka untuk mengenali merek Anda. Dan ingat, itu adalah salah satu metode pemasaran yang gratis.

Apakah Anda merasa lebih positif tentang perusahaan yang aktif di sebuah komunitas, atau dengan badan amal? Bagaimana keterlibatan dalam kampanye seperti menyumbangkan persentase keuntungan Anda ke organisasi nirlaba yang mencerminkan merek Anda? Mungkin Anda bisa melakukannya dengan dana CSR (Corporate Social Responsibility). 

Pertimbangkan bahwa jika Anda menjual pakaian anak-anak, maka Anda bisa menyumbangkan sebagian keuntungan dari setiap penjualan kepada lembaga sisoal kemasyarakatan. Anak - anak mungkin akan mendorong orang tua mereka untuk memikirkan bisnis Anda jika Anda terlibat dalam komunitas tersebut.  Dan tentu saja, Anda mendapatkan perasaan yang baik dari itu semua.

Manfaatkan peluang pemasaran secara gratis. Saya baru-baru ini membaca sebuah buku yang berjudul "Marketing Without Money" (ini bukan buku yang buruk, akan tetapi sebuah buku yang sangat layak untuk dibaca!). Ketika saya membaca buku tersebut di sebuah tempat umum secara sengaja saya menempatkan dan menempelkan sticker logo merek bisnis saya pada bagian depan dan belakang buku tersebut.

Ketika orang-orang di tempat itu tertarik pada apa yang saya baca, mereka juga akan melihat iklan untuk bisnis saya. Bawa kartu nama Anda ke mana-mana dan berikan pada setiap kesempatan, bahkan jika Anda tidak memberikannya selama percakapan yang terkait dengan bisnis Anda.

Pertimbangkan penulisan tanda untuk mobil Anda, yang cukup murah dan bisa sangat efektif. Orang-orang mungkin tidak menarik Anda untuk berbicara tentang bisnis Anda, tetapi jika Anda melakukan sedikit mengemudi di komunitas lokal Anda dan Anda memiliki logo yang berkembang dengan baik, Anda akan menghasilkan rasa keakraban dan kekeluargaan. 

Kemudian lengkapi kampanye mobil Anda dengan logo yang dirancang dengan baik di Yellow Pages atau di direktori komunitas lokal Anda. Ketika klien potensial Anda pergi mencari sesuatu yang mereka butuhkan, Anda akan dapat memicu ingatan mereka dan memanggil rasa keakraban yang sama di dalamnya. Mereka akan memilih Anda, bukan seseorang yang benar-benar mereka tidak kenal sama sekali. Jadi, bergabung dengan sebuah komunitas lokal juga bisa menjadi sarana pemasaran gratis untuk bisnis Anda.

Berikut ini adalah fitur pemasaran utama yang harus Anda sadari, antara lain:

1. Konsistensi

Konsistensi benar-benar fitur terpenting dari pemasaran merek yang dikembangkan dengan baik. Anda ingin pelanggan Anda dapat mengenali merek Anda dalam semua yang Anda letakkan di luar sana.

2. Keunikan

Mengembangkan kampanye yang membawa sesuatu yang baru akan mendorong orang untuk menyelidiki perusahaan Anda dan mencari tahu apa yang Anda lakukan yang membuat Anda berbeda. Jelas ini tidak selalu mungkin, tetapi berpikir "Out of the box" kapan pun Anda bisa. 

3. Berlebihan

Gunakan merek Anda sebanyak yang Anda bisa lakukan. Kemungkinannya adalah Anda akan mempengaruhi kelompok orang yang berbeda dengan media Anda yang berbeda, jadi gunakan sebanyak yang Anda suka, dan berusaha untuk membuat orang supaya menjadi lebih akrab dengan perusahaan Anda.

4. Buatlah Berkesan

Anda ingin konsumen berulang (Artinya konsumen yang datang kembali ke bisnis Anda), dan Anda ingin mereka mengembangkan hubungan yang akrab dengan merek Anda. Pastikan logo Anda dan materi branding lainnya telah dikembangkan dengan baik, dengan diingat tema utama, dan dapat direproduksi dengan mudah. Beberapa merek yang paling dikenal di dunia juga adalah yang paling sederhana dan sangat mudah utuk di ingat (seperti Nike, Adidas atau Apple).

5. Pikirkan Secara Kreatif

Jangan batasi diri Anda dengan hal - hal biasa dalam hal memasarkan bisnis Anda. Tidak ada alasan mengapa Anda tidak dapat menyaring t-shirt dengan logo Anda di atasnya dan kemudian memakainya di mana-mana.

6. Pemasaran Merek Anda Tidak Perlu Mahal Atau Sulit

Jika Anda dapat memahami bahwa merek Anda ada dalam semua yang Anda cantumkan kepada publik, maka Anda akan menjadi semakin selaras dengan cara-cara Anda untuk dapat mengubah persepsi mereka tentang bisnis Anda, atau setidaknya biarkan mereka menyadari bahwa itu ada.

Demikianlah uraian artikel tentang Branding Dalam Pemasaran. Semoga bisa menambah wawasan Anda dalam bidang marketing (pemasaran).

Post a Comment for "Branding Dalam Pemasaran"