Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Meningkatkan Bisnis Ekspor-Impor Anda?

Bagaimana Cara Meningkatkan Bisnis Ekspor-Impor Anda?

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis ekspor-impor telah menjadi salah satu industri yang berkembang pesat. 

Perusahaan ekspor-impor semakin banyak memperoleh peminat bisnis setiap tahun karena kemajuan teknologi. Usaha kecil dan menengah mulai merambah sektor industri ini, yang tidak hanya menarik pemain besar.

Namun, ini tidak berarti bahwa peningkatan teknologi membuatnya lebih mudah untuk menghasilkan uang di bidang ini. Banyak bisnis ekspor-impor gagal karena kurangnya pemahaman tentang tren pasar atau kesulitan politik internasional. 

Berikut ini adalah 5 tips sederhana untuk membantu Anda meningkatkan perusahaan Anda, antara lain:

Berjalan di waktu global

Banyak orang percaya bahwa melakukan bisnis ekspor-impor dari jam 9 hingga jam 5 tidak cukup. Pelanggan Anda dari negara lain baru saja memulai rutinitas harian mereka saat Anda tidur. 

Anda tidak perlu menjalankan bisnis Anda 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Yang harus Anda lakukan sekarang adalah merancang pendekatan yang ideal untuk melayani pelanggan dari berbagai negara.

Langkah pertama adalah menggunakan cloud untuk menjalankan bisnis Anda atau mengelola alur kerja Anda. 

Misalnya, untuk melacak pengiriman Anda dengan cepat, pilih sistem inventaris dengan kemampuan server cloud atau program manajemen rantai pasokan.

Kedua, pastikan Anda menggunakan platform obrolan yang sama dengan pedagang atau pelanggan Anda. 

Instalasi WeChat jika mereka berada di China, Facebook Messenger jika mereka berada di Amerika Serikat, LINE jika mereka berada di Korea Selatan, dan WhatsApp jika mereka berada di Asia Tenggara atau Eropa adalah suatu keharusan.

Anda akan dapat berkomunikasi dengan penyedia atau pelanggan Anda secara lebih efektif dengan cara ini. Anda tidak perlu lagi menggunakan email. 

Aplikasi obrolan itu memudahkan berbagi foto dan konten. Anda dapat melakukan panggilan video dari mana saja dan kapan saja jika diperlukan.

Pelajari budaya orang lain

Memahami jam aktif pelanggan atau vendor Anda hanyalah langkah pertama. Setelah itu, Anda harus meneliti budaya vendor atau negara pelanggan Anda. 

Jalan menuju hubungan yang lebih lama dan lebih baik dengan vendor Anda akan lebih mulus jika Anda melakukan ini.

Jika salah satu vendor Anda berasal dari Jepang, misalnya, hindari berjabat tangan demi membungkuk hormat atau bertukar kartu nama. Menatap dianggap agresif dan tidak ramah di Jepang, jadi ingatlah itu dan hindari menatap mata orang terlalu lama.

Kartu nama cukup signifikan di negara-negara Asia tertentu lainnya. Akibatnya, pastikan Anda menawarkannya dengan kedua tangan. Ketika datang dari orang lain, lakukan hal yang sama. 

Jangan langsung memasukkannya ke dalam saku atau dompet Anda; banyak orang Asia menganggap ini tidak sopan. Perhatikan lebih dekat kartu nama yang telah diberikan kepada Anda dan tangani dengan hati-hati.

Manajemen multi-mata uang

Karena vendor dan konsumen Anda berasal dari negara yang berbeda, Anda harus berurusan dengan berbagai mata uang di perusahaan ekspor-impor Anda. 

Namun, jangan batasi prospek bisnis Anda dengan hanya menerima pembelian dolar AS.

Buat berbisnis dengan Anda lebih mudah bagi pelanggan dan vendor Anda dengan menerima mata uang mereka. Namun, jika Anda terus melakukan bisnis dengan cara ini, Anda akan ditelan oleh spreadsheet atau dokumen. 

Untuk mempermudah dan mempercepat transaksi, Anda memerlukan perangkat lunak dengan fitur multi-mata uang yang tersedia di pasar. 

Bekerja dengan vendor atau menyelesaikan transaksi dengan konsumen akan lebih mudah dengan fungsi multi-mata uang.

Tingkatkan efisiensi perusahaan ekspor-impor Anda

Bekerja di bisnis ekspor-impor membutuhkan kecepatan. Setiap pesanan harus ditangani secepat mungkin, dan pemesanan ulang stok harus dilakukan tepat pada waktunya untuk menghindari kelebihan stok atau kehabisan persediaan. 

Ini hanya beberapa contoh pekerjaan sehari-hari yang akan memakan waktu lebih lama untuk diselesaikan jika dilakukan secara manual.

Itulah mengapa Anda harus mulai mengotomatiskan semua tugas tersebut dengan solusi perangkat lunak. Alih-alih melakukan tugas yang berlebihan, Anda dapat lebih fokus meningkatkan bisnis Anda dengan bantuan perangkat lunak. 

Juga, pastikan Anda menggunakan perangkat lunak yang dapat disesuaikan dengan proses bisnis spesifik Anda daripada sebaliknya.

Selalu awasi arus kas perusahaan ekspor-impor Anda

Dari waktu ke waktu, Anda harus memperhatikan arus kas perusahaan Anda. Arus kas yang sehat menunjukkan bahwa perusahaan Anda beroperasi dengan lancar dan tanpa kemunduran besar. Arus kas negatif, di sisi lain, menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dengan operasi bisnis Anda dan membutuhkan perhatian cepat.

Seorang pemilik bisnis harus dapat mengakses arus kas mereka lebih cepat. Akibatnya, dia akan dapat membuat keputusan sebaik mungkin, dimanapun dan kapan pun. Itu sebabnya perusahaan ekspor-impor membutuhkan software akuntansi yang menyertakan penyimpanan cloud.

Informasi arus kas dapat diakses langsung dari ponsel Anda dengan bantuan perangkat lunak. Software akuntansi memungkinkan Anda untuk mengelola perusahaan Anda dengan lebih mudah.

Kesimpulan

Saran-saran di atas sederhana untuk dipraktekkan. Namun, memilih perangkat lunak terbaik untuk membantu Anda mengelola bisnis dengan lebih efisien bukanlah tugas yang mudah. 

Yang terbaik adalah mencari tahu perangkat lunak mana yang dapat mendukung operasi perusahaan Anda sebelum membuat keputusan.

Post a Comment for " Bagaimana Cara Meningkatkan Bisnis Ekspor-Impor Anda?"